7 Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

7 Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Ulasan kali ini terkait cara menambah RAM (Random Access Memory) hp Android tanpa akses root. Adapun cara ini dapat diterapkan pada semua smartphone Android. Mulai dari Samsung Galaxy, Xiaomi, Realme, Redmi, Oppo, Vivo, Asus Zenfone dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi RAM yang mungkin sering kamu dengan ialah sebagai ruang penyimpanan berbagai data aplikasi yang aktif atau terinstal di dalam smartphone, yakni membantu penyimpanan memori secara temporal.

Semakin aplikasi di ponsel kamu diupdate atau bertambah dengan aplikasi lainnya, maka kebutuhan RAM pun semakin meningkat. Hasilnya, akumulasi update dan penambahan aplikasi tersebut membuat performa perangkat smartphone kamu menjadi lambat.

Advertisement

Dalam hal ini, perangkat smartphone kamu butuh “pemanbahan” RAM. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak berikut ini.

Cara Menambah RAM di HP Android Tanpa Akses ROOT

Sebetulnya, kapasitas RAM di hp Android tidak dapat diubah atau diganti. Yang bisa kamu lakukan untuk menambah kapasitas RAM di hp kamu adalah dengan cara mengoptimalkan penggunaannya sebaik mungkin.

Bagaimana caranya? Berikut poin-poin penting yang dapat kamu lakukan untuk “menambah” RAM di hp Android.

1. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Salah satu upaya untuk mempertahankan performa smartphone, terutama pada penggunaan RAM adalah dengan memangkas penggunaan aplikasi.

Bila ternyata terdapat aplikasi yang jarang kamu gunakan, alangkah baiknya aplikasi tersebut dihapus atau diuninstall saja. Terutama aplikasi yang sering memakai RAM hp Android, aplikasi dengan ukuran tinggi dan juga aplikasi yang sering sering berjalan di latar belakang atau background APPS refresh.

Adapun aplikasi yang dimaksud ini tidak hanya aplikasi yang kamu install sendiri, tetapi juga berlaku untuk aplikasi sistem atau yang sudah terpasang pada aplikasi tersebut saat pertama kali kamu membelinya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Tanpa Aplikasi

2. Disable Aplikasi

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Jika di smartphone Android kamu tidak dapat melakukan uninstall pada aplikasi bawaan, kamu bisa melakukan disable (paksa berhenti) pada aplikasi tersebut.

Dengan melakukan disable aplikasi, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan nonaktif alias tidak akan berjalan sebagai background APPS refresh, kecuali ketika kamu membuka atau menjalankan kembali aplikasinya.

Hanya saja perlu diperhatikan, tidak semua aplikasi dapat kamu disable. Terdapat beberapa aplikasi sistem yang semestinya tetap dibiarkan berjalan atau aktif. Macam Google Play Protect dan lain sebagainya.

Untuk melakukan disable aplikasi untuk menambah RAM di hp Android tanpa root, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih Aplikasi Terinstal
  • Pilih aplikasi yang ingin di disable atau dipaksa berhenti
  • Lalu ketuk tombol Paksa Berhenti atau Disable
  • Selesai.

Baca juga: Cara Mematikan/Disable AdBlock di Mozilla Firefox

3. Kurangi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Cara menambah RAM hp Android tanpa ROOT selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan widget dan live wallpaper. Cara menambah RAM pada hp Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Readmi, Asus Zenfone dan merek hp lainnya ini memang terbilang remeh, tetapi penting untuk dilakukan.

Fitur berupa Widget dan Live Wallpaper ini merupakan salah satu fitur di smartphone yang paling sering menggerus penggunaan RAM. Lebih-lebih pada saat ponsel sedang standby atau tidak sedang digunakan.

Ditambah lagi, penggunaan Widget dan Live Wallpaper yang berlebihan hanya akan membuat baterai cepat habis. Karena sifatnya yang terus bekerja atau berjalan pada latar belakang.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Download Aplikasi Tambahan

4. Nonaktifkan Penggunaan Animasi

Cara menambah RAM di hp Android tanpa ROOT selanjutnya adalah dengan menonaktifkan penggunaan animasi pada perangkat Android kamu tersebut.

Adapun langkah-langkah mematikan animasi di hp Android ialah melalui mode Developer Options atau Opsi Pengembang.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih menu About Phone atau Tentang Ponsel
  • Ketuk pada Software Information
  • Ketuk sekurang-kurangnya 7 kali pada Bulid Number untuk mengaktifkan Developer Mode atau Developer Options
  • Setelah itu, kembali ke menu Pengaturan atau Settings, scroll ke bawah lalu pilih menu Developer Options
  • Pilih animasi yang ingin dinonaktifkan, lalu pilih Animation Off
  • Selesai.
Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Baca juga: 5 penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

5. Bersihkan Cache Secara Berkala

Hal yang tak kalah penting dilakukan untuk menambah RAM hp Android lainnya ialah dengan membersihkan cache secara berkala. Terutama pada aplikasi-aplikasi yang sering digunakan.

Macam Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, TikTok, YouTube, aplikasi browser dan lain sebagainya.

Memang, cache ini adalah file sementara yang berguna untuk mempercepat loading aplikasi saat ingin digunakan kembali. Akan tetapi, jika cache ini dibiarkan bertumpuk, maka tidak hanya RAM saja yang terus dihabiskan, tetapi juga penyimpanan internal memori atau storage.

Untuk membersihkan cache ini pada tiap-tipa merek hp memanglah berbeda. Namun sejatinya, dengan menggunakan Cleaner atau aplikasi pembersih bawaan pada masing-masing smartphone sudah cukup membantu untuk menamnggulangi cache di smartphone Android kamu.

Secara umum, cara membersihkan cache di hp untuk menambah RAM di smartphone Android tanpa ROOT dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih opsi Storage atau Penyimpanan
  • Pilih opsi Data dalam cache
  • Lalu pilih Oke untuk menghapus data cache pada semua aplikasi.
Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Baca juga: 3 Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Realme

6. Gunakan Aplikasi Booster

Selanjutnya, cara menambah RAM di hp Android tanpa ROOT adalah dengan menggunakan aplikasi Booster. Aplikasi booster ini sangat berguna untuk mengoptimalkan hp kentang untuk bermain game mobile. Terutama game-game berat macam PUBG Mobile dan lainnya.

Cara aplikasi booster untuk mengoptimalkan RAM hp Android diantaranya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting, membersihkan file sampah yang tidak berguna di hp Android, dan lain sebagainya.

Adapun diantara aplikasi booster yang dapat kamu gunakan untuk menambah RAM hp Android tanpa perlu akses ROOT adalah sebagai berikut:

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Baca juga: 3 Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Realme

7. Ubah Pengaturan Sistem Dump

Diantara cara menambah RAM hp Android tanpa ROOT di atas, cara berikut ini adalah cara yang paling ekstrem dan jarang diketahui oleh kebanyakan pengguna hp Android.

Cara mengubah pengaturan pada System Dumb ini akan membuat performa smartphone Android kamu 3x lebih cepat dari biasanya.

Nah, bagaimana cara menambah performa RAM hp Android dengan mengubah sedikit perubahan pada Sistem Dumb? Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka dial phone atau aplikasi Telepon di hp Android kamu
  • Ketikkan #*9900#
  • Ketuk pada Debug Level Disabled/LOW
  • Pilih opsi High
  • Maka hp Android kamu akan secara otomatis restart/reboot, tunggu beberapa saat
  • Selesai.
Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Harusnya sekarang kamu akan merasakan bahwa smartphone Android kamu lebih cepat 3x lipat dari biasanya.

Adapun cara masuk ke Sistem Dump dengan kode *#9900# ini dapat digunakan pada kode rahasia hp Samsung Galaxy. Jika merek ponsel lainnya tidak dapat masuk ke Sistem Dump dengan kode tersebut, silahkan gunakan kode rahasia sesuai merek hp tersebut.

Kamu bisa cari di Suatekno kode rahasia merek hp lainnya. Mulai dari kode rahasia hp Oppo, kode rahasia hp Xiaomi, kode rahasia hp Vivo, Realme, Redmi dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 7 Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh

Akhir Kata

Untuk meningkatkan performa smartphone Android, maka mau tidak mau kamu mesti menambah RAM hp dengan berbagai tips atau trik. Agar dalam menggunakannya semakin nyaman, ngebut alias lebih cepat dari biasanya.

Demikian informasi terkait cara menambah ram hp Android tanpa ROOT. Semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dengan mudah pada smartphone Android kamu. Baik itu di smartphone Samsung Galaxy, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Redmi dan lain sebagainya.

Baca juga 3 Cara HP Android RAM 2 GB Tetap Ringan dan Cepat atau ulasan menarik lainnya di Tips Smartphone.