Cara Mematikan Background App Refresh di Android dan iOS untuk Menghemat Kuota Internet & Penggunaan Baterai

Cara Mematikan Background App Refresh di Android dan iOS

Ulasan tentang cara mematikan Background App Refresh di Android dan iOS ini kurang lebih sama dengan postingan Suatekno sebelumnya, terkait cara mematikan data internet pada aplikasi tertentu di hp.

Hanya saja ulasan kali ini akan dilengkapi dengan informasi terkait, apa itu Background App Refresh, apa yang dilakukannya? Apa konsekuensinya terhadap penggunaan daya baterai? Seberapa parah fitur ini menguras kuota internet? Dan bagaimana cara menonaktifkan Background App Refresh di smartphone Android dan iOS atau iPhone?

Jika sebelumnya kamu sering mengabaikan hal ini, lalu tiba-tiba sering mengeluhkan daya baterai yang cepat habis, nampaknya kamu perlu memastikan kembali penggunaan Background App Refresh pada setiap aplikasi yang sering kamu gunakan.

Bisa jadi aplikasi yang kamu gunakan itu sering meminta dan mengirim data yang tidak penting, hanya menyusahkan smartphone kamu. Baik dari segi penggunaan kuota internet, daya baterai dan lainnya.

Apa itu Backgroun App Refresh?

Background App Refresh persis seperti apa yang dideskripsikan namanya. Yaitu memungkinkan aplikasi pada perangkat smartphone kamu secara otomatis mencari, mengirim dan menerima informasi baru, walaupun aplikasi tersebut tidak aktif berjalan di layar atau tidak sedang kamu gunakan.

Aplikasi tersebut akan terus memperbaharui informasi saat berjalan di background jika statusnya sedang aktif, bukan supended atau inactive.

Misalnya jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp, begitu ada pesan WA masuk, maka kamu bisa langsung melihat seluruh isi pesan tersebut, tanpa perlu menunggu loading apapun. Ini baru salah satunya fungsinya saja.

Aktifitas semacam itu rata-rata terjadi pada aplikasi yang biasanya mengirim notifikasi. Tanpa disadari, aktifitas aplikasi seperti itu jika dilakukan berulang-ulang dan dilakukan oleh berbagai aplikasi yang kamu install, maka jangan heran mengapa paket data internet kamu menjadi cepat habis.

Selain menguras paket data, fitur Background App Refresh juga berdampak pada negatif terhadap masa penggunaan baterai smartphone.

Baca juga: Penyebab Baterai HP Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

Karena terus-meneru menlakukan update, baterai akan cepat habis. Alhasil, alih-alih menghemat kuota internet dan daya baterai dengan membatasi diri untuk tidak nonton YouTube dan lainnya, pemborosan pada kuota internet dan penggunaan baterai malah dilakukan oleh aplikasi dengan fitur Background App Refresh.

Sebagai solusinya, cobalah mematikan aplikasi yang sering melakuakn pembaruan/update. Lebih-lebih aplikasi tersebut melakukan update tanpa melalui permintaan konfirmasi terlebih dahulu.

Diantara aplikasi yang sering melakukan update semacam itu adalah aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger.

Untungya cara mematikan Background App Refresh ini sudah sangat mudah dilakukan, baik di smartphoen Android dan iOS. Berikut caranya.

Baca juga: Cara TEPAT Menghemat Daya Baterai HP Android yang Boros

Efektif Menghemat Data Internet & Baterai dengan Mematikan Fitur Background App Refresh

Cara Mematikan Background App Refresh di Android

Adapun cara mematikan fitur Background App Refresh ini dapat diterapkan pada semua ponsel Android. Mulai dari hp Samsung Galaxy, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Redmi, Asus Zenfone, lebih-lebih di Google Pixel dan brand ponsel lainnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan
  2. Pilih opsi Data Usage atau Penggunaan Data (jika tidak ada di daftar, silahkan pilih opsi Network & Internet terlebih dahulu)
  3. Pilih opsi Mobile Data Usage
  4. Pilih masing-masing aplikasi yang ditampilkan di bawah grafik penggunaan.
  5. Misalnya Facebook, tap pada toggle Allow background data usage atau Izinkan penggunaan data latar belakang, ubah menjadi nonaktif.
  6. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya.
Cara Mematikan Background App Refresh di Android

Baca juga: 2 Cara Melihat Penggunaan Data Internet di Semua HP Android

Cara Menonaktifkan Background App Refresh di iPhone (iOS)

Untuk pengguna sistem operasi iOS atau pengguna iPhone dan iPad langkah-langkah mematikan Background App Refresh adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Background App Refresh
  3. Untuk menonaktifkannya dapat dilakukan dengan 2 opsi. (1) Memilih Off, untuk mematikan fitur Background App Refresh pada semua aplikasi dengan sekali klik; (2) Memilih langsung mematikannya pada aplikasi tertentu saja.
Cara Menonaktifkan Background App Refresh di iPhone (iOS)

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Mengetahui Penggunaan Data Internet di Android dan iOS

Akhir Kata

Seperti yang telah sedikit disentil pada jabaran sebelumnya, disarankan untuk mematikan fitur Background App Refresh ini pada aplikasi-aplikasi yang gemar mengirim notifikasi, namun notifikasi tersebut tidak kamu butuhkan sama sekali.

Lebih-lebih jika aplikasi tersebut sering mengirim notif/pemberitahuan, juga sering melakukan update aplikasi tanpa melalui konfirmasi terlebih dahulu.

Disarankan menonaktifkan fitur Background App Refresh atau penggunaan aplikasi di latar belakang pada aplikasi LINE, Messenger, Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, Telegram, Instagram dan WhatsApp.

Demikian ulasan tentang cara nonaktifkan Background App Refresh di Android dan iOS untuk mengemat kuota internet dan penggunaan daya baterai smartphone.