10+ Tips dan Trik Menggunakan WhatsApp, Ketahui Semua Fitur dan Fungsinya

10+ Tips dan Trik Menggunakan WhatsApp, Ketahui Semua Fitur dan Fungsinya

Dewasa ini terdapat berbagai tips dan trik menggunakan WhatsApp yang beberapa diantaranya mungkin belum kamu ketahui. Sebagai aplikasi media sosial atau perpesanan, WhatsApp dilengkapi berbagai fitur menarik. Beberapa diantaranya tersembunyi tetapi sangat amat berguna sewaktu-waktu.

Tidak hanya mengirimkan pesan teks, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim gambar, video, dokumen bahkan dapat digunakan untuk telepon dan video call.

Namun, dibalik kesederhanaan WhatsApp ada beberapa trik dan tips untuk menjadikannya lebih menarik dan berguna. Adapun trik WA atau tips menggunakan WhatsApp ini merupakan rangkuman berbagai fitur WhatsApp.

Trik dan Tips WhatsApp di Android dan iOS, Ketahui Fitur dan Kegunaannya

Berikut ini beberapa tips dan trik WhatsApp yang dapat memaksimalkan kamu saat berkirim pesan di WA, baik lewat jalur pribadi (japri) maupun melakukan obrolan lewat grup.

1. Membuat huruf tebal (bold)

Ketika bercakap-cakap, terkadang ingin sebuah teks diperjelas dengan membuat huruf yang tebal. Sehingga, lawan chatting fokus pada poin yang dibicarakan atau digunakan untuk penekanan intonasi. Untuk membuat huruf tebal dalam WhatsApp dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Tambahkan tanda * di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin ditebalkan tanpa menambahkan spasi setelah tanda *.
  • Contohnya adalah *Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui*.
  • Maka, kata/kalimat yang inginkan ditebalkan sudah menjadi tebal. Jika belum, perhatikan spasinya dan samakan dengan contoh agar berhasil.

Simak dulu: Cara Mudah Membuka WhatsApp yang Diblokir Teman

2. Membuat huruf miring (italic)

Demikian juga dengan huruf yang dicetak miring, seperti nama ilmiah, istilah asing dan yang lainnya. Penulisannya dapat digunakan dengan huruf miring (italic) sehingga lawan chatting bisa lebih paham maksud pembicaraan.

Adapun cara untuk membuat huruf miring (italic) dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Tambahkan tanda underscore/garis bawah (_) di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin dimiringkan tanpa menambahkan spasi setelah tanda underscore/garis bawah (_).
  • Contohnya adalah  _Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui_.
  • Maka, kata/kalimat yang diinginkan miring  sudah menjadi miring. Jika belum, perhatikan spasinya dan samakan dengan contoh agar berhasil.

3. Membuat teks yang dicoret (Strikethrough)

Agar tulisan terlihat dicoret karena mungkin isi percakapan ada yang perlu direvisi dan terlihat jelas, Anda dapat menggunakan tampilan huruf yang dicoret.

Adapun cara-caranya dapat dijelaskan sebagai beriukut.

  • Tambahkan tanda tilde (~)di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin diberi coretan tanpa menambahkan spasi setelah tanda tilde (~).
  • Contohnya adalah ~Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui~.
  • Jika sudah, maka kata/kalimat yang diinginkan tercoret telah selesai tercoret. Jika belum, perhatikan spasinya dan samkan dengan contoh agar berhasil.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Tanda Centang di WhatsApp

4. Memakai jenis font/huruf sesuai keinginan

7 Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Bosan dengan font standar yang ditawarkan WhatsApp? Tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan aplikasi Stylish Text yang mampu mengubah font bawaan menjadi beragam font yang unik dan sesuai keinginan.

Applikasi ini dapat diperoleh di playstore dan menginstallnya. Jika sudah, maka tuliskan pesan menggunakan font sesuai keinginan dalam applikasi tersebut. Lalu, paste ke kolom penulisan di WhatsApp. Maka, tampilan font akan berubah menjadi unik dan tidak standar lagi.

5. Menggunakan emot icon suka-suka

Jika lelah atau malas terus-menerus membuka tutup kolom emot icon dalam keyboard, ada baiknya menggunakan shortcut emot icon yang jika dikirimkan dapat berubah menjadi emot icon layaknya sisipan dari keyboard. Beberapa contoh shortcut emot icon yang dapat digunakan adalah:

  • (:*) menjadi emot cium/kiss.
  • (y) menjadi emot jempol.
  • (>_<) menjadi emot jengkel.

6. Mengirim foto di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas gambar

Ketika mengirim foto lewat WhatsApp, biasanya resolusi foto dikurangi secara otomatis. Namun, tidak perlu khawatir karena mengirim foto dengan menu dokumen bisa membuat resolusi tidak berkurang.

Caranya, pada keyboard tulis pesan, pilih sisipkan, kemudian ada pilihan ‘dokumen’, ‘kamera’, ‘galeri’, dan lainnya. Pilih ‘dokumen’ kemudian pilih foto yang diinginkan untuk di kirim. Maka, tekan tombol kirim dan foto akan diterima dalam resolusi yang sama.

Lainnya: Cara Menggunakan 2 Aplikasi WhatsApp Dalam 1 Android Tanpa Root

7.  Pin Chat WhatsApp, untuk membuat obrolan penting selalu di atas

Pin Chat WhatsApp;  Membuat obrolan penting selalu di atas

Memiliki banyak grup WhatsApp kadang membuat beberapa percakapan pribadi atau obrolan dalam grup lain menjadi tenggelam akibat banyaknya obrolan yang masuk.

Namun, untuk tiga grup paling penting atau obrolan dengan orang paling penting dapat disiasati dengan menggunakan fungsi pin.

Dengan cara, tap/klik dan tahan chat yang ingin kamu pin. Lalu pilih Pin chat untuk menampilkan chatting tersebut menjadi selalu dibagian atas.

8. Membuat notifikasi WhatsApp bisa bicara

Bila merasa terlalu berat untuk membuka setiap pesan WhatsApp yang masuk, maka ada cara alternatif yang patut dicoba.

Dengan membiarkan aplikasi WhatsApp membacakan pesan yang masuk tersebut. Dengan begitu, kamu tinggal mendengarkan bilamana kamu mendapat notifikasi pesan WhatsApp.

Untuk membuat notifikasi WhatsApp bisa berbicara, dapat menggunakan suara Google translate dan suara bikinan sendiri.

Agar notifikasi dibacakan secara otomatis di ponsel kamu, silahkan install aplikasi Audify Notifications Reader. Penjelasan selengkapnya dapat disimak pada artikel cara mengganti nada notifikasi WhatsApp dengan suara Google.

9. Melakukan video call di WhatsApp

Saat ini kamu sudah dapat melakukan panggilan grup atau video call di WhatsApp. Mengajak teman-temanmu untuk ngobrol saling bertatap muka.

Awalnya, panggilan video di WhatsApp ini terbatas pada 4 orang saja. Kemudian berkembang menjadi 8 orang.

Nah, saat ini pengguna WhatsApp bisa melakukan panggilan video hingga ke 50 orang. Untuk melakukannya kamu perlu integrasi antara WhatsApp Web dan Messenger Rooms.

10. Membuat voice note di WhatsApp tak perlu tahan tombol rekam

7 Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Sumber gambar: Teknis.id

Trik menggunakan WhatsApp lainnya ialah pada fitur rekam atau membuat voice note (pesan suara) di WhatsApp.

Sekarang kamu tidak perlu tahan tombol rekam, untuk membuat voice note di WhatsApp.

Sejak versi WhatsApp 2.18.177 untuk Android dan versi 2.18.61 di Apple App store untuk iOS atau iPhone, kamu bisa melakukan rekam pesan suara di WhatsApp tak perlu tekan tahan lama tombol rekaman.

Kamu tinggal perlu tap dan tahan lalu geser ke atas ikon rekam (voice note) di WhatsApp. Lalu mulailah berbicara.

11. Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor

Kamu juga dapat mengirim pesan WhatsApp ke nomor lain yang tidak kamu simpan kontaknya di smartphone kamu.

Untuk cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor hp penerima ini sebetulnya tidak dilakukan di aplikasi WhatsApp langsung.

Melainkan menggunakan tautan api.whatsapp.com atau wa.me lewat browser. Contoh: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

12. Membuat stiker WhatsApp dengan foto wajah sendiri

Cara membuat stiker WhatsApp dengan foto wajah sendiri ini dapat dilakukan dengan tanpa aplikasi juga dengan bantuan aplikasi tambahan (aplikasi pihak ketiga).

Untuk membuat sticker WhatsApp sendiri kamu bisa gunakan aplikasi Background Erase (untuk menghapus latar belakang). Lalu, untuk memodifikasinya, kamu bisa gunakan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

Cara membuat sticker WA bergerak, kamu bisa gunakan juga aplikasi Personal stickers for WhatsApp, lalu menyimpannya dengan format GIF.

13. Trik agar tidak otomatis masuk grup WhatsApp

Sebetulnya trik ini bisa juga dikatakan sebagai cara agar orang lain tidak bisa menambahkan ke grup WA. Tetapi juga tidak.

Intinya, bila kamu sedang mencari tips atau trik cara membatasi undangan grup WA atau cara blokir undangan grup di WhatsApp atau cara menghindari grup WhatsApp atau cara agar tidak otomatis bisa dimasukkan di grup WA, dalam artian kamu bisa menolak atau menerima undangan grup WhatsApp tersebut, maka kamu sedang membaca petunjuk yang tepat.

Lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka menu Setelan atau Settings
  • Pilih Akun
  • Pilih Privasi
  • Pilih Grup
  • Pilih opsi Kontak saya kecuali…
  • Centang semua lalu OK

Dengan begitu, dapat dipastikan kamu tidak akan langsung masuk ke grup WhatsApp ketika diantara kontak WA kamu itu melakukan undangan join ke grup tertentu.

14. Ganti nomor WhatsApp

Kamu juga bisa ganti nomor WhatsApp tanpa perlu menghapus akun atau tanpa perlu takut kehilangan kontak WhatsApp, chat, berkas, voice note dan lainnya dari nomor yang lama.

Untuk cara ganti nomor WA berikut langkah-langkahnya:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih menu Setelan
  • Pilih menu Akun
  • Pilih opsi Ganti Nomor
  • Silahkan masukkan nomor baru kamu pada kolom
  • lalu ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.

Sebelumnya menyelesaikan ganti nomor WhatsApp, kamu bisa memberitahukan ke daftar kontak WA kamu bahwa akun WA kamu telah berganti nomor. Caranya, silahkan aktifkan toggle pada Beri tahu kontak, lalu klik tombol Selesai.

15. Mencari pesan lama di WhatsApp

Cara mencari chat WA yang sudah lama ternyata ada fiturnya juga lho. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu melakukan scroll up untuk menemukan pesan WhatsApp yang sudah lama.

Untuk mencari chat WA yang sudah lama kamu tinggal gunakan fitur Cari di dalam obrolan WhatsApp dengan teman / grup. Lalu ketikkan kata atau kalimat yang nampaknya tertulis pada chat lama tersebut.

Tips ini sebetulnya sudah pernah diulas pada artikel sebelumnya dengan judul fitur WhatsApp yang berguna seumur hidup.

Selanjutnya: Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp di Android & iPhone

Akhir Kata

Demikian beberapa tips menggunakan WhatsApp serta trik memaksimalkan penggunaan WhatsApp sehari-hari. Baik dalam urusan bisnis maupun hanya sekadar ngobrol dengan teman-teman. Semoga berguna untuk kelancaran, kemudahan dan lebih menarik lagi ketika berkomunikasi melalui WhatsApp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here