Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara Memindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke SDcard di HP Android

Cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke SDcard atau kartu SD di Android ini juga bisa digunakan untuk sebaliknya. Yaitu memindahkan aplikasi dan game dari kartu SD ke penyimpanan memory internal.

Android memiliki sejuta kelebihan namun masih memiliki berbagai kekurangan, termasuk kapasitas memori Android yang jauh dari kebutuhan penyimpanan aplikasi kita. Pada aplikasi yang kita pasang, akan membebani yang mengakibatkan performa Android menurun atau lambat.

Solusi terbaik untuk Android yang mulai menurun performanya yang diakibatkan memori penyimpanan penuh adalah memindahkannya ke SDcard. Ada beberapa cara cepat memindahkan aplikasi Android dari memori internal ke SDcard untuk memberi ruang penyimpanan memori internal.

Cara Memindahkan Aplikasi Android dari Internal Storage ke Sdcard

Baca dulu: Cara Mengatasi HP Samsung Error Hang Saat Buka Pola

Cara cepat memindahkan aplikasi Android dari memori internal ke SDcard terdapat dua alternatif yaitu cara manual dengan memindahkan aplikasi satu per satu dari penyimpanan internal ke SD Card.

Serta cara kedua dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih efisien dan praktis. Bagi Anda yang ingin memindahkan aplikasi Android dari penyimpanan internal ke SD Card berikut kita bagikan nformasinya.

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Secara Manual

Cara pertama adalah, memindahkan secara manual aplikasi satu per satu dari penyimpanan internal ke SD Card.

Untuk cara pertama bisa di lakukan dengan memindahkannya secara manual satu per satu aplikasi Android yang ingin kita pindahkan ke SD Card, cara ini dianggap agak berat tapi nilai positifnya adalah Android kita akan lebih aman.Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih opsi Aplikasi
  • Selanjutnya hanya perlu memilih aplikasi yang ingin kita pindahkan ke SD Card, lalu tekan “Move to SD Card“.

Baca juga: Cara Setting Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis

Memindahkan Aplikasi Ke SD Card dengan Bantuan Aplikasi

Jika langkah di atas tidak bisa dilakukan atau terasa kurang efisien. Alternatif lain adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni Link2SD. Aplikasi link2SD memang dikhususkan untuk memindahkan file data termasuk aplikasi Android yang semula berada di internal.

Memori yang ditransfer ke memori eksternal agar kerja Android juga bisa maksimal tanpa dibebani aplikasi. Selain itu, cara menggunakannya juga sangat mudah untuk tinggal cek aplikasi yang ingin Anda pindahkan dan tekan OK.

Hanya saja kita harus terlebih dahulu menyiapkan ruang partisi di SD Card untuk menyimpan data aplikasi yang seharusnya ada di memori internal.

Menggunakan cara kedua yang dianggap lebih sederhana ini, harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Cara cepat memindahkan aplikasi Android dari memori internal ke SDcard secara praktis bisa diaplikasikan di Android dengan cara dan syarat sebagai berikut.

  1. Kondisi Ponsel Android harus di root, jika Andorid belum di root silahkan lakukan root terlebih dahulu.
  2. Memori eksternal atau SD Card harus dipartisi terlebih dahulu. Seperti komputer yang memiliki banyak partisi, untuk SD Card hampir mirip sehingga kita harus membaginya menjadi 2 bagian untuk penempatan aplikasi. Untuk mempartisinya bisa menggunakan aplikasi Partition Wizard yang bisa berjalan di komputer.

Baca juga: Berbagai Resiko dan Kerugian Root HP Android

Menggunakan Aplikasi Link2sd

Link2sd - Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD
Gambar: Link2SD via Play Store

Anda bisa langsung mempartisi melalui smartphone tanpa harus menyalakan komputer, yaitu menggunakan aplikasi link2SD.

Jika kedua persyaratan diatas sudah terpenuhi, langkah untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal (SD Card) maka kita bisa mulai dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi untuk memindahkan aplikasi Android yaitu Link2SD, melalui Google PlayStore
  2. Jalankan aplikasi Link2SD. Jika permintaan root atau SuperUser muncul, pilih Allow. Pertama kali Anda menggunakannya, sistem file akan muncul pada partisi kedua microSD yang Anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16 / 32). Sesuaikan jenis partisi yang Anda lakukan sebelumnya di PC misalnya FAT32 / 16, maka Anda akan diminta restart pada perangkat Android Anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.
  3. Setelah itu tinggal kita memilih aplikasi apa saja yang ingin kita pindahkan ke memori eksternal. Bisa melakukan semua pilih untuk memindahkan semua aplikasi sekaligus atau bisa memilih beberapa aplikasi terlalu besar, dan siapa yang tidak tahu bahwa sistem file tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal.
  4. Setelah selesai memilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan, sentuh softkey dan pilih create link.
  5. Pastikan Anda mencentang tiga menu yang muncul, kemudian pilih OK.
  6. Tunggu sampai proses selesai dan lihat perbedaannya. Memori internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang Anda pilih telah dipindahkan ke partisi kartu SD kedua. Silakan periksa penggunaan memori dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.

Simak juga: Cara Factory Reset Semua HP Android Kembali ke Pengaturan Pabrik

Alternatif: Aplikasi Memindahkan Game dan APP dari Internal Memory ke SDCard

Berikut ini beberapa aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk pindahkan game atau aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD khusus untuk pengguna smartphone Android:

  • Files To SD Card
  • AppMgr III (App 2 SD)
  • Ultimate File Manager – SD Card Manager & Explorer
  • DV File Explorer: File Manager File Browser esafe

Adapun cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dari penyimpanan internal di atas dapat kamu terapkan pada semua smartphone Android. Mulai dari hp Samsung Galaxy, Xiaomi, Redmi, Oppo, Vivo, Realme, Asus Zenfone, Hauwei, Advan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dan Telegram dengan Pola, Sidik Jari & Face Unlock

Akhir Kata

Ternyata ada begitu banyak cara untuk memindahkan aplikasi dan game dari memori penyimpanan internal ke SDCard. Mulai dari memindahkan secara manual, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Demikian informasi terkait cara memindahkan ke kartu SD di hp Android. Kamu juga bisa melakukan sebaliknya dengan cara di atas. Yaitu memindahkan aplikasi dan game dari kartu SD ke internal memory.

Mengingat smartphone zaman sekarang kapasitas penyimpanan internal yang sudah cukup lega dan besar. Sehingga penggunaan kartu SD nampaknya sudah tidak begitu dibutuhkan lagi. Semoga informasi ini membantu, selamat mencoba dan semoga berhasil!