25+ Update Fitur Baru iOS 13 dan Cara Install di iPhone

25+ Update Fitur Baru iOS 13 dan Cara Install di iPhone

Perilisan iOS 13 baru saja dilakukan Apple pada 19 September 2019. Setelah sekian lama menunggu sejak diumumkan pada pada Worldwide Developers Conference tertanggal 3 Juni 2019 yang lalu.

Pelbagai fitur terbaru dan update iOS 13 tersebut diumumkan oleh Craig Federighi, Direktur Software Engineering Apple.

Craig memaparkan bahwa Apple akan focus mengembangkan iOS 13 dan iPadOS 13. Benar saja, setelah pengumuman tersebut versi Beta iOS 13 telah dibuat dan tersedia ke pengembang.

Advertisement

Bagi yang penasaran apa saja fitur terbaru serta fitur yang diupdate pada iOS 13, berikut ulasannya. Namun kali ini, kita fokuskan saja pada kelebihan iOS 13 pada iPhone.

25+ Update Fitur Baru iOS 13 pada iPhone

1. Dark Mode

Dark Mode merupakan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu khususnya pengguna ponsel iPhone. Fitur Dark Mode ini akan jadi pembaruan visual paling besar yang dibuat Apple, sejak iOS diperkenalkan. Semua aplikasi milik Apple nantinya akan mendukung penggunaan dark mode, bahkan dock notifikasi.

2. Peningkatan Performa Sistem dan Aplikasi

Tidak hanya menambahkan berbagai fitur baru. Tetapi juga Apple mencoba menawarkan sesuatu yang menjanjikan pada iOS 13. Berupa peningkatan performa pada sistem dan aplikasi. Terutama sistem dan aplikasi pada perangkat lawas. Apple menjanjikan bawah untuk membuka aplikasi pada iOS 13 akan terasa dua kali lebih cepat dari iOS sebelumnya.

3. Update Face ID

Tidak hanya pada sistem dan aplikasi pada umumnya, peningkatan Face ID juga dioptimasi hingga bisa membuka kunci 30% lebih cepat. Bahkan pada ruang gelap sekalipun.

4. Keyboard Swipe

Meski tak terdengar revolusioner tetapi kehadiran fitur ini patut diapresiasi. Ini adalah fitur yang mirip dengan keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Apple menyebut keyboard swipe ini dengan nama “Quick Path”.

5. Update Reminder

Apple juga menghadirkan pembaruan pada Reminder di iOS 13. Apple menambahkan fungsi “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All” sebagai opsi penyaringan untuk menyortir tugas.

6. Apple Maps

Update Fitur Baru iOS 13

Apple Maps di iOS 13 ini nantinya akan menghadirkan data peta yang lebih menyeluruh dengan tambahan mode baru yang mirip-mirip Google Stree View. Sebetulnya Apple Maps ini adalah hasil “daur ulang” dari aplikasi Maps asli Apple yang sejak awal sudah ada.

7. Pembaruan Privasi, Sign in with Apple

Pembaruan fitur privasi pada iOS 13 ini lebih dipermantap dengan dihadirkannya fitur Sign in with Apple. Sama seperti login with Google atau login with Facebook, pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi dengan menekan tombol login with Apple, atau bisa tambahkan email baru. Fitur otentikasi baru ini juga mendukung FaceID.

Selain itu, pengguna iPhone juga bisa memilih untuk membagikan data lokasi ke aplikasi dengan cukup sekali. Dan nantinya aplikasi tersebut akan dicegah oleh sistem melakukan ping lokasi ketika pengguna memakai perangkat. Dengan kata lain, Apple akan membatasi data pribadi yang diberikan kepada pihak ketiga.

8. Insights Terkait Aplikasi Melacak Pengguna

Hal ini masih berhubungan dengan privasi. Selain meluncurkan pembatasan akses lokasi untuk berbagai macam aplikasi, utamanya aplikasi pihak ketiga, iOS 13 juga akan menampilkan informasi mengenai peta tempat-tempat yang dilacak olah aplikasi tersebut.

9. Update iMessage

iMessage iOS 13

Update pada aplikasi iMessage pada iOS 13 ini makin keren lagi. Karena pada iOS 13, iMessage kini akan menampilkan gambar profil dan display name. Pokoknya akan mirip-mirip WhatsApp dan Facebook Messenger. Artinya, pada iOS 13 nanti, kamu bisa berbagi nama dan foto profil dengan pengguna iMessage lainnya.

10. Tambahan Tool Baru Edit Foto dan Video

Apple juga menghadirkan antarmuka baru untuk mengedit foto dan video pada iOS 13. Pengguna bisa mengedit berbagai kategori misalnya highlight, shadow, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan lainnya.

11. Find My

Saat menggunakan iOS 13 nanti, jangan kaget jika ada aplikasi yang berganti nama. Diantaranya adalah aplikasi Minf My Friends dan Find My iPhone, yang kini telah digabungkan menjadi satu aplikasi bernama Find My. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak keberadaan teman, anggota keluarga, pacar hingga perangkat iPhone atau device Apple lainnya yang hilang.

12. Penyimpanan Eksternal

Fitur menarik lainnya dari iOS 13 ini adalah, update yang signifikan dari sisi penyimpanan eksternal. Akhirnya pengguna bisa menarik file dari kartu SD dan USB flash drive untuk diimpor ke aplikasi Files.

13. Menambahkan Wi-Fi dan Bluetooth ke Control Center

Pada iOS 13 juga ditambahkan berbagai shortcut baru di Control Center. Kini, pengguna bisa memilih jaringan Wi-Fi atau koneksi Bluetooth secara langsung melalui Control Center. Dengan menekan lama tombol Wi-Fi atau Bluetooth, akan ditampilkan pilihan jaringan atau koneksi yang tersedia.

14. Family Hotspot Sharing

Fitur menarik lainnya dari iOS 13 adalah hadrinya fitur Family Hotspot Sharing. Saat tidak memiliki koneksi internet, anggota keluarga secara otomatis dapat terhubung dengan hotspot iPhone keluarganya. Hal ini pun bekerja untuk perangkat Mac ataupun iPod. Menariknya, fitur ini bisa bekerja meski perangkat dalam kondisi sleep.

Baca lainnya: Perbandingan Spesifikasi LENGKAP iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max

15. Slider Volume Baru

Ada juga update dari sisi Slider Volume, yang diupdate menjadi lebih mantap. Alih-alih menggunakan slider yang cukup mengganggu, sistem ini membawa slider ke samping kiri, dan akan mengecil setelah beberapa waktu.

16. Bisa Uninstall App di Halaman Update

Update menarik juga terjadi di App Store pada iOS 13. Ditambahkan opsi baru untuk mencopot pemasangan aplikasi. Kini pengguna juga bisa menghapus aplikasi melalui halaman update di App Store. Untuk menggunakannya, geser ke kiri aplikasi yang dimaksud, lalu pilih Delete.

Alih-alih sampai pada iOS sebelumnya yang hanya bisa mencopot aplikasi dengan memegang ikon aplikasi dan menunggu sampai muncul menu Uninstall.

17. Blokir Panggilan Spam

Kini pengguna iPhone dengan iOS 13 juga patut senang. Pasalnya iOS 13 memunculkan fitur penyaring panggilan, yang bisa digunakan untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Fitur ini bisa ditemukan di dalam Settings > Silence unknown callers.

18. Smart Battery Charging

Apple juga mengemukakan bawah perangkat tidak akan mengisi baterai hingga 100 persen. Perangkat hanya akan mengisi hingga 80 persen, dengan 20 persen akan diisi sebelum pengguna mencabutnya dari charger (disesuaikan dengan kebiasaan pengguna).

19. Putar Lagu (podcasts) dengan Siri

Pada iOS 13, kamu cukup memerintah Siri untuk memulai aplikasi music dan podcasts.

Baca juga: Lebih Canggih, Inilah 8 Fitur Android Q (10.0)

20. Reading Goals

Fitur Reading Goals di iOS 13 ini dapat digunakan untuk membaca buku atau mendengarkan audiobook.

21. Update Safari

Beberapa pengguna mengeluhkan sistem tab di Safari yang kurang maksimal. Namun dengan pembaruan iOS 13, pengguna bisa menutupnya secara otomatis dan berkala dari mulai harian, mingguan, dan bulanan. Safari juga mendapatkan pereferensi per situs web yang lebih baik.

22. Update Notes

Di perangkat yang menggunakan iOS 13, Notes mendapatkan tampilan galeri baru untuk melihat semua catatan yang dibuat pengguna sekaligus.

23. Siri

Pada iOS 13, Siri mendapat update yang signifikan. Nantinya, Siri bakal bisa membacakan pesan masuk untuk kamu atau mendengarkannya melalui AirPods, serta dapat diperintah juga untuk membuka aplikasi, memutar music dan podcasts tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

24. Apple Arcade

Terdapat layanan baru yang ditambahkan pada iOS 13, yaitu Apple Arcade. Layanan game berlangganan Apple Arcade akan diluncurkan lewat iOS 13. Dengan biaya US$4,99 pengguna bisa memainkan lebih dari 100 game.

25. High-Key Mono

Ini adalah efek baru di Pencahayaan Potret, yang dapat membuat tampilan klasik yang indah pada subjek monokromatik dengan latar belakang berwarna putih.

26. Berbagi Audio

Fitur menarik lainnya yang ada di iOS 13, memungkinkan pengguna berbagi audio. Dengan memasangkan dua set AirPods ke satu iPhone maka bisa menikmati lagu atau film yang sama bersama dengan teman.

27. Update Animoji

Ada tambahakn tiga karakter Animoji baru – tikus, gurita, dan sapi – memberikan lebih banyak pilihan untuk mengekspresikan diri.

28. Tambahan 38 Bahasa pada Keyboard

Sekarang iOS 13 diperkaya dengan 38 tambahan bahasa lainnya pada keyboard. Mulai dari bahasa Albania, Assam, Bodo, Myanmar, Kanton, Divehi, Dogri, Faroe, Kashmiri (aksara Arab, Dewanagari), Kazakh, Khmer, Konkani, Kurdi (aksara Arab, Latin), Kirgiz, Laos, Melayu (aksara Arab), Manipuri (aksara Bengali, Meetei Mayek), Maithili, Malta, Mongol, Nepali, Pashtun, Sanskrit, Santali (aksara Dewanagari, Ol Chiki), Sindhi (aksara Arab, Dewanagari), Sinhala, Tajik, Tonga, Turkmen, Uighur, dan Uzbek (aksara Arab, Sirilik, Latin).

29. Update Format Bar

Hal ini masih terkait performa sistem pada iOS 13. Dimana format bar akan menampilkan sesuatu yang lebih cepat. Dengan memberikan opsi lampiran dan pemformatan yang lebih cepat, kecepatan memindai, menyisipkan foto atau video, lampiran dan memasukkan gambar.

Cek juga: 14+ Fitur dan Keunggulan MIUI 11

Cara Install iOS 13 di iPhone

Cara Install iOS 13 di iPhone

Tidak sulit untuk install atau update sistem operasi iPhone ke iOS 13.

Kamu tinggal menunggu Apple akan mengirim pembaruan iOS melalui metode OTA (over-the-air).

Cara mengetahuinya adalah, silahkan buka menu Settings > General > Software Update > lalu tekan tombol Downlod and Install.

Tunggu proses download dan instalasi selesai. Jika perangkat meminta untuk direstart atau reboot, silahkan di restart dulu dan biarkan beberapa saat sampai proses update ke iOS 13 benar-benar selesai.