Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara mengaktifkan dan menggunakan NFC (Near Field Communication) di iPhone kini sudah tersedia bilamana iOS di perangkat iPhone kamu sudah di update ke iOS terbaru (minimal iOS 12, stabil iOS 13). Artinya, kamu sudah bisa cek saldo e-Money dan top-up saldo eMoney langsung dari smartphone iPhone kamu.

Terutama buat kamu pengguna seri iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan seterusnya, serta iPhone SE (Generasi 2), kamu sudah bisa menggunakan NFC dengan update iOS ke versi terbaru (saat artikel ini dipublish iOS paling baru adalah iOS 14).

Namun demikian, perlu dipastikan bahwa jenis NFC yang ingin dibaca (scanning) adalah NFC dengan format NDEF (NFC Data Exchange Format). Mengingat, untuk saat ini (sampai artikel ini diposting) NFC jenis itulah yang digunakan iPhone.

Advertisement

NFC, chip yang telah sering kamu dengar dalam pembayaran elektronik (e-Money) ini memang sudah sangat lama ditunggu oleh pengguna iPhone. Mengingata, fitur ini telah ada di Android sejak tahun 2010. Saat itu, hp Android yang pertama kali menyediakan fitur NFC adalah Samsung Nexus S.

Sejarah Perkembangan NFC di iPhone

Baca juga: 4 Cara Memindahkan Kontak dan Semua Data dari Android ke iPhone

Sebagai pengantar, sedikit kita bahas terkait ‘terkenalnya penamaan’ e-Money. Penamaan tersebut sebetulnya istilah umum. Namun populer dan menjadi identik dengan kartu emoney milik bank Mandiri. Sementara untuk alat pembayaran elektronik dalam suatu media server atau chip pada bank lainnya juga beberapa diantaranya punya produk yang sama.

Misalnya, bank BCA dengan nama Flazz, bank BNI dengan Tapcash dan bank BRI dengan Brizzi. Namun begitu, masyarakat Indonesia lebih menyukai menggunakan Mandiri e-Money, lebih-lebih saat ini telah didukung dengna fitur NFC dari iPhone.

Sebetulnya, Apple pertama kali membekali NFC pada link iPhone yaitu pada seri iPhone 6 (September 2014). Namun hanya dapat bisa digunakan pada penggunaan Apple Pay saja. Namun sejak update iOS 11, iPhone sudah dapat membaca NFC tags tanpa perlu aplikasi khusus.

Jenis iPhoneiPhone 6,
iPhone 6S,
iPhone SE (Gen 1),
iPhone 6 Plus,
iPhone 6S Plus
iPhone 7,
iPhone 7 Plus,
iPhone 8,
iphone 8 Plus,
iPhone X
iPhone XR,
iPhone XS,
iPhone XS Max,
iPhone 11,
iPhone 11 Pro,
iPhone 11 Pro Max,
iPhone 12,
iPhone 12 Pro,
iPhone 12 Pro Max,
iPhone SE (Gen 2)
Minimal iOSiOS 12iOS 11 (untuk Read)
iOS 13 (untuk Write)
Pembayaran NFCYaYaYa
Bisa baca / read NFCYa (Apple Pay saja)YaYa
Bisa tulis / write NFCTidakYa (minimal iOS 13)Ya
Perlu aplikasi untuk
baca / read NFC
YaYaYa
Perlu aplikasi untuk
tulis / write NFC
Tidak DidukungYa (minimal iOS 13)Ya
Bisa baca NFC di
background
TidakTidakYa

Sumber tabel: https://store.momokun.id/

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa jenis NFC yang di support iPhone adalah jenis NFC dengan format NDEF. Dalam hal ini, format NFC selain itu tidak bisa digunakan di iPhone.

Nah, awalnya salah dua produk kartu emoney yang mendukung format NDEF (yang digunakan iPhone) adalah Mandiri e-Money (lewat Tokopedia dan aplikasi Mandiri Online), sejak di update ke versi 2.3.4. Serta dapat juga digunakan pada kartu pembayaran elektronik BRI BRIZZI (lewat Tokopedia dan BRImo BRI).

Kemudian pada Februari 2021 kemain pihak BCA mengumumkan, akhirnya BCA Mobile (BCA Mobile for iPhone versi 2.7.2) akhirnya mendukung NFC di iPhone. Serta bisa digunakan untuk scan cek saldo dan topup saldo untuk kartu elektronik miliknya, Flazz.

Lihat juga: Cara Membuat QR Code Berisi Gambar, Maps, File PDF dengan Logo Sendiri


Cara Menggunakan NFC di iPhone untuk Cek dan Top Up Saldo Uang Elektronik

Adapun cara menggunakan NFC di iPhone untuk mengecek saldo dan top up atau isi saldo uang elektronik atau emoney, pastikan kamu menggunakan salah satu dari 2 kartu pembayaran elektronik berikut ini:

  1. Kartu Mandiri E-Money, atau
  2. BRI BRIZZI

Serta menggunakan salah satu aplikasi atau mobile banking yang di dukung. Misalnya Tokopedia (Mandiri e-Money dan BRI BRIZZI), Mandiri Online untuk Mandiri e-Money, atau BRImo BRI untuk BRI BRIZZI.

Untuk sementara BCA Flazz masih belum tersedia di Tokopedia, jadi kamu mesti scan cek saldo atau topup saldo kartu Flazz kamu lewat BCA Mobile banking saja.

Nah, untuk tutorial kali ini, diasumsikan kamu menggunakan aplikasi Tokopedia dalam menggunakan NFC di iPhone untuk update saldo dan isi saldo / top up uang elektronik.

Langkah-langkah menggunakan NFC iPhone:

Advertisement

Cara Cek Saldo Kartu Elektronik dengan NFC iPhone

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan NFC di iPhone untuk cek saldo kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) kamu:

  1. Gunakan aplikasi Tokopedia for iPhone update terbaru.
  2. Di bagian tampilan utama atau Home, pilih menu Top-Up & Tagihan.
  3. Lalu pilih opsi Uang Elektronik.Cara Menggunakan NFC di iPhone
  4. Nah, silahkan tap tombol Update Saldo untuk cek saldo kartu elektronik kamu dengan NFC di iPhone.Cara Menggunakan NFC di iPhone
  5. Jika sudah muncul perintah tempelkan karu, kamu tinggal tempelkan kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) kamu persis di sekitar kamera belakang ponsel atau bagian sensor NFC di iPhone kamu.
  6. Sejurus kemudian akan langsung tampil informasi terkait uang elektronik kamu.
  7. Biasanya ditampilkan nomor kartu dan saldo kartu elektronik kamu.

Cek saldo kartu elektronik menggunakan NFC iPhone selesai. Sekarang top-up atau isi saldo kartu elektronik dengan NFC iPhone.

Baca dulu: Cara Mengatasi Kode Kesalahan BRI BBR00Q2 User ID Terblokir Tanpa Pergi ke Bank

Cara Top Up Kartu Elektronik Menggunakan NFC iPhone

Masih menggunakan Tokopedia dan salah satu kartu elektronik yang support dengan NFC iPhone, yaitu Mandiri E-Money dan BRI BRIZZI.

Berikut ini cara top up atau isi saldo kartu elektronik lewat Tokopedia dengan menggunakan NFC iPhone:

Cara Menggunakan NFC di iPhone
  1. Nah, setelah cek saldo kartu elektronik tadi, kamu bisa langsung melakukan langkah-langkah to up saldo.
  2. Silahkan klik tombol Topup Sekarang.
  3. Pilih nominal topup saldo uang elektronik. Minimal Rp10.000.
  4. Tekan tombol Bayar
  5. Pastikan nomor dan saldo benar, lalu klik tombol Oke. Lalu klik tombol Lanjut.
  6. Kamu bisa langsung bayar dengan OVO Cash. Lalu ikuti proses pembayaran sampai tuntas.
  7. Nah, sekarang pembayaran sudah berhasil. TETAPI PROSES BELUM SELESAI!
  8. Kembali ke bagian menu utama atau Home lagi.
  9. Pilih kembali menu Top-Up & Tagihan, lalu pilih opsi Uang Elektronik.
  10. Lalu tap pada tombol Update Saldo di bagian kanan-atas aplikasi.
  11. Tempelkan kartu Mandiri e-money atau BRI BRIZZI yang baru saja kamu Top Up tadi. Seperti pada saat cek saldo tadi.
  12. Tunggu beberapa saat, sampai muncul tulisan Berhasil Update Balance.
  13. Sekarang proses top up saldo kartu elektronik menggunakan NFC iPhone baru dikatakan selesai.

Harusnya saldo kartu elektronik kamu sudah bertambah, sejumlah saldo yang kamu isikan tadi.

Baca lainnya: Cara Cetak dan Download Invoice atau Label Pengiriman Tokopedia Lewat HP Android / iOS

Menggunakan NFC iPhone Lewat Mandiri Online dan BRImo BRI

Cara Menggunakan NFC di iPhone iOS 13 iOS 14

Untuk menggunakan NFC pada aplikasi online banking macam Mandiri Online dan BRImo BRI (bisa jadi berlaku juga untuk online banking lainnya) khusus di perangkat iPhone, ini cukup berbeda signifikan penggunaanya dengan Android.

Menggunakan NFC di iPhone untuk online banking, kamu musti daftar ke masing-msaing rekening dari penyedia layanan aplikasi online banking tersebut. Lalu mesti login pula ke akun di aplikasi online banking itu.

Mengapa demikian? Tentu saja alasannya demi keamanan dan eksklusifitas yang selama ini menjadi representasi Apple terhadap produk-produknya.

Cek juga: 2 Cara Merekam Layar iPhone dengan Suara


Aplikasi Pemindai NFC dan Otentikasi Produk di iPhone

Fitur NFC tidak hanya dapat digunakan untuk cek saldo dan top up saldo uang di kartu elektrnonik saja. Tetapi juga punya manfaat lainnya. Misalnya untuk pemindaian (scanning) berbagai otentikasi produk lewat iPhone.

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan scanning NFC di iPhone:

  • Decode – NFC Scanne‪r
  • GoToTag‪s
  • NFC TagWriter by NX‪P
  • NFC for iPhon‪e
  • NFC-Reade‪r

Selanjutnya: Cara Transfer Saldo OVO dan GoPay ke DANA dan Top Up DANA Lewat Aplikasi Lain

Akhir Kata

Dari uraian di atas, kita bisa memahami bersama bahwa iPhone bisa membaca NFC tapi dengan spesifikasi khusus yaitu NDEF, selain format itu iPhone tidak dapat membaca NFC. Namun begitu, nampaknya sudah cukup memuaskan. Pasalnya, format NFC yang digunakan iPhone tersebut dapat digunakan untuk Mandiri E-Money, BRI BRIZZI, dan baru-baru ini ketambahan satu lagi, yaitu BCA Flazz.

Suatau saat nanti, produk kartu elektronik lainnya juga akan bakal menyusul dan menyesuaikan.

Demikianlah informasi serta petunjuk cara menggunakan NFC di iPhone, mulai dari iOS 12, iOS 13, iOS 14 dan seterusnya. Baik untuk keperluan cek saldo dan topup kartu elektronik, untuk keperluan berbagai macam pembayaran. Seperti bayar tiket transportasi umum, pembayaran tarif jalan tol, berbelanja di toko yang bekerja sama dan lain sebagainya. Semoga membantu dan selamat mencoba!