10 Emulator Android Terbaik Paling Ringan

10 Emulator Android Terbaik Paling Ringan

Ulasan kali ini tentang daftar emulator game Android terbaik untuk PC spek rendah. Semua HP yang ada saat ini sudah bertipe smartphone dan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau adalah yang memiliki aplikasi sistem operasi Android.

Bagi seorang gamer, smartphone bisa menjadi salah satu alternatif selain menggunakan PC. Ada banyak sekali emulator yang bisa dipakai dan sifatnya ringan.

Menggunakan emulator pengalaman bermain game online menjadi lebih menyenangkan. Seluruh emulator yang akan disebutkan di bawah ini hanya memerlukan spesifikasi rendah seperti ram 1 GB sampai dengan 2 GB. Hampir semua smartphone saat ini memiliki spesifikasi tersebut.

Advertisement

Tidak perlu khawatir emulator akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas akibat kinerja berlebihan. Emulator tersebut tidak memerlukan kapasitas penggunaan spesifikasi yang besar, sehingga tidak menimbulkan panas pada HP. Apabila HP Anda terasa panas, bisa jadi itu karena sudah bermain game terlalu lama.

Download Emulator Game Android Terbaik Spek Rendah

Tersedia banyak sekali emulator Android dengan sifat yang sangat ringan. Setidaknya ada 10 emulator Android terbaik paling ringan yang bisa langsung disimak.

1. Emulator Android BlueStacks

BlueStacks - Emulator Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar BlueStacks via Bluestacks.com

Emulator Android yang pertama ini yang paling populer yaitu BlueStacks. Seluruh pengguna yang berminat untuk memakai emulator ini bisa mengunduh secara gratis pada situs resminya. Bisa memilih untuk menggunakan online installer maupun offline installer.

Bluestack 4 bisa digunakan untuk sistem operasi berupa Mac juga atau iOS. Bagi orang yang berminat untuk mengunduh emulator ini bisa mengunjungi website resminya, melalui link di bawah ini.

Dengan emulator BlueStack maka kamu akan dengan enteng memainkan seluruh game dan membuka aplikasi Android lewat PC/laptop dengan sangat mulus alias lancar.

Pokoknya seluruh game berat di hp Android dan iOS atau iPhone akan dilibas habis oleh emulator yang dikembangkan oleh BlueStacks App Player, berbasis di Amerika ini. Mulai dari game Rise of Kingdoms, One Punch Man, Astral Guradians, Among Us, dan Free Fire. Serta berbagai game moga, mulai dari Mobile Legends, Anmyoji Arena, Arena of Valor, Vain Glory,Heroes Evolved, PUBG Mobile, dan masih banyak lagi.

2. Emulator Android LDPlayer

LDPlayer - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar LDPlayer via Ldplayer.net

Emulator Android ringan dan terbaik berikutnya adalah LDPlayer emulator. Emulator yang satu ini mendapat dukungan dari developer pada beberapa game mobile terbaru.

Kemampuan diri emulator ini mampu meningkatkan performa dari game, sehingga permainan menjadi tampil dengan gerakan lebih smooth.

Emulator Android ini juga bisa dipakai dalam PC dan pada Android setidaknya yang memiliki versi Android 5.1 dan Android 7.1. Bagi yang ingin melakukan download terhadap simulator ini bisa mengunjungi situsnya secara langsung.

Pengguna bisa mengubah tampilan dari website tersebut menjadi bahasa Indonesia, karena memang disediakan dalam beberapa bahasa lainnya yang kemungkinan memiliki jumlah gamer tinggi.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Mengubah Foto Menjadi Kartun Anime di Android dan iOS

3. Emulator Android Genymotion

Genymotion - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar Genymotion, via Genymotion.com

Emulator Android untuk pc spek rendah selanjutnya yang biasa dipakai oleh para gamer adalah Genymotion. Emulator yang satu ini memungkinkan untuk dijalankan dengan berbagai versi Android sesuai dengan kapasitas Android dari smartphone yang dimiliki.

Bisa saja kamu menggunakan smartphone dengan versi Android yang masih berupa Android 4.2 jelly Bean maupun Android 6.0 marshmallow.

Spesifikasi minimum yang bisa digunakan untuk menjalankan Genymotion adalah RAM 2 GB dan kapasitas 117 MB. Jika tertarik untuk menggunakan emulator yang satu ini bisa langsung mengunjungi website resminya. Kalau website yang satu ini belum bisa diakses dalam bahasa Indonesia dan bahasa yang tersedia hanyalah bahasa Inggris.

Emulator ini ini tidak bersifat gratis dan hanya dalam jangka waktu tertentu saja yang diperbolehkan digunakan secara gratis. Sedangkan sisanya seluruh pengguna genymotion harus membayar 5 sen USD per menit.

Mungkin harga tersebut masih terbilang cukup murah bagi para gamers, terutama yang sering membeli skin dengan harga jutaan rupiah.

Baca Juga: 5+ Cara Ganti Font di HP Android

4. Emulator Android Bliss OS

Bliss OS - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar BlissOS via Blissroms.com

Emulator game Android untuk PC spek rendah juga dapat menggunakan emulator yang bernama Bliss OS. Emulator ini

Tampilan yang begitu berbeda terlihat sangat mencolok dibandingkan dengan website emulator lainnya. Anda bisa dibuat kagum berkat tampilan yang begitu wow pada website Bliss OS.

Emulator ini terus mengalami pengembangan oleh developernya dan sekarang sudah bisa digunakan oleh Android 10 yang merupakan versi terbaru dari Android.

Emulator yang satu ini masuk dalam daftar yang paling direkomendasikan digunakan oleh gamer tahun 2020.

Baca Juga: Cara Download File di Google Classroom

5. Emulator Android Gameloop

Gameloop - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar Gameloop via Gameloop.fun

Bagi kamu yang juga gemar bermain game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) dan CODM (Call of Dutty Mobile), Free Fire, AOV (Arena of Valor) dan banyak lagi game lainnya, bisa menggunakan emulator Android bernama Gameloop.

Saat pertama kali mencoba membuka situsnya, kamu akan bisa melihat background dari website yang berupa latar belakang game PUBG dan Sword Art Online.

Emulator yang satu ini bisa digunakan oleh sistem operasi Android maupun diinstal pada PC. Hebatnya adalah emulator gameloop mendapatkan dukungan dari kalangan gamer pubg maupun developernya langsung yaitu Tencent.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Tanpa Aplikasi

6. Mumu Emulator

Mumu - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar Mumu Emulator via Mumuglobal.com

Emulator Android ringan dan terbaik selanjutnya adalah Memu Emulator. Ini juga merupakan emulator Android untuk PC spek rendah yang dapat kamu coba install.

Para gamers sering menggunakan emulator yang satu ini guna memperlancar game yang mereka mainkan.

Salah satu developer yang merekomendasikan penggunaan emulator ini adalah Ragnarok M Eternal Love.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pencari Arah Kiblat yang Akurat di Android dan iOS

7. Emulator Phoenix OS

Phoenix OS - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar Phoenix OS Emulator via Phoenixos.com

Salah satu emulator yang cukup terkenal di dunia para gamers adalah Phoenix OS. Emulator tersebut memungkinkan kamu untuk untuk memainkan berbagai game di Android lewat PC atau laptop dengan mudah.

Siapapun yang menggunakan emulator ini saat bermain game bisa membuat gerakannya menjadi semakin smooth.

Hanya saja, kamu mesti memperhatikan spek komputer atau laptop kamu. Pasalnya, memainkan game di emulator Android cenderung akan berjalan lag atau patah-patah jika spesifikasi hardware komputer kamu rendah.

Baca Juga: Bermian Game Chicken Simulator: Crossy Road 3d, Rush Hour di HP Android

8. Emulator PrimeOS

PrimeOS - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar PrimeOS Emulator Primeos.in

Selain daftar emulator di atas, emulator Android ringan lainnya yang dapat kamu coba adalah emulator PrimeOS. Ada berbagai versi yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan smartphone dan versi androidnya.

Tersedia beberapa versi emulator ini mulai dari classic, standard, dan main Line yang masing-masing memerlukan spesifikasi hardware yang berbeda.

Jika kamu mengalami kendala dalam melakukan instalasi emulator Android PrimeOS di PC atau laptop kamu, di websitenya sudah disediakan berbagai panduan untuk melakukan instalasi. Jadi kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Performa HP Saat Main Game

9. Emulator NoxPlayer

NoxPlayer - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar NoxPlayer Emulator via Bignox.com

Cara memainkan game Android di PC atau laptop juga dapat dilakukan dengan menggunakan emulator NoxPlayer. Berbagai fitur yang tersedia pada emulator ini sudah cukup lengkap untuk sekadar memainkan game Android di komputer atau laptop.

Emulator ini memiliki nama lain berupa Bignox atau Nox Player. Pertama kali memasuki website, kamu akan bisa melihat latar belakang yang bergerak secara dinamis berupa anime.

Tampilan dari emulator tersebut dapat dikatakan cukup menarik bagi para gamers. Kamu akan dapat melakukan pengunduhan dalam bahasa Indonesia, hanya saja di dalam menu ditulis dengan nama Bahasa.

Jika kamu ingin melakukan instalasi game atau software ke dalam emulator ini, silahkan menuju ke App Center. Nah, terdapat begitu banyak game dan juga aplikasi yang direkomendasikan yang dapat digunakan dengan emulator NoxPlayer ini.

Baca Juga: Cara Lengkap Live Streaming Game di Facebook Lewat HP

10. Emulator Memu Play

Memu Play - Emulator Game Android Terbaik Paling Ringan
Gambar: Tangkapan layar Memu Emulator via Memuplay.com

Salah satu emulator Android yang paling populer saat ini ialah emulator Memu Play. Di emulator ini kamu dapat memainkan ratusan hingga jutaan game di hp Android melalui PC atau laptop.

Berbagai game populer yang dapat kamu mainkan di laptop atau komputer via Memu Play emulator diantaranya PUBG Mobile, Call of Duty (COD), Bus Simulator, Mobile Legends, Scribble Rider, Roblox, Plants vs Zombies, dan BitLife.

Serta game yang tengah naik daun saat ini, yaitu game bernama Among Us. Menariknya lagi, aplikasi ini sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak mengerti dengan bahasa Inggris atau bahasa China.

Jika kamu sedang mencari emulator alternatif BlueStacks maka Suatekno dapat merekomendasikan Memu Emulator. Sebab support dan komunitas pengguna emulator ini sudah semakin berkembang pesat secara signifikan.

Selanjutnya: Cara Menghubungkan HP ke TV dengan atau Tanpa Kabel

Akhir Kata

Dengan daftar emulator Android ringan terbaik di atas, diharapkan kamu sudah bisa seluruh emulator mana yang cocok untuk memainkan game Android di PC atau laptop kamu. Sebagian besar emulator dari daftar di atas dapat digunakan secara gratis.

Nah, bagi kamu yang tengah mencari alternatif emulator selain BlueStacks emulator, maka emulator dari daftar di atas adalah jawabannya. Kami sarankan kamu mencoba Memu Play Emulator.

Atau, jika kamu tidak suka menginstall software/aplikasi di PC/laptop kamu, maka bisa mencoba menginstall ekstensi emulator di browser, misalnya Google Chrome. Salah satu emulator yang dapat kamu install lewat ekstensi browser adalah Droid4x emulator.

Demikian ulasan tentang daftar emulator game Android ringan dan terbaik, untuk memainkan game di PC/laptop. Atau membuka aplikasi tertentu pada device PC/komputer. Semoga membantu dan selamat mencoba!