10+ Website Cek Plagiarisme Online Terbaru, GRATIS!

0
10+ Website Cek Plagiarisme Online Terbaru, GRATIS!

Ingin mengetahui cara cek plagiarisme Indonesia dari tulisan dan konten secara online? Daftar website cek plagiarisme online ini dapat kamu gunakan untuk cek plagiasi atas tulisan-tulisanmu.

Dalam dunia literasi, kasus plagiat memang menjadi perhatian besar, dan dianggap menjadi kasus yang cukup serius.

Aturan dan batasan plagiarisme, sebetulnya sudah tertuang dalam UU tentang Hak Cipta. Yang menyebutkan bahwa menggunakan, mengambil, menggandakan, atau mengubah karangan, pendapat, gagasan, ide, teori dan ciptakan lainnya yang merupakan milik orang lain secara keseluruhan atau hanya bagian subtansial tidak termasuk pada pelanggaran terhadap hak cipta jika menyebutkan sumber dengan lengkap.

Advertisement

Artinya, untuk menghindari plagiarisme tentu akan syarat akan literasi yang mumpuni. Mengingat untuk penulisan kutipan dalam tulisan ilmiah dapat dianggap tindakan plagiarisme jika tidak menyertakan tanda kutip pada kalimat kutipan dan tidak menyebutkan sumbernya dengan jelas dan lengkap.

Apa itu Plagiarisme?

Plagiarisme (plagiarism) merupakan sebuah perbuatan menjiplak atau mengakui hasil buah pikiran dari karya ilmiah ataupun konten orang lain menjadi milik pribadi, atau hasil pikiran pribadi.

Dalam kalimat lain, plagiarisme dapat juga diartikan sebagai pencurian gagasan, idea tau teori orang lain, lalu menjadikannya seolah-olah hasil buah pikiran sendiri.

Nah, bagi kamu yang tengah gundah gulana dan tidak ingin terjebak pada situasi seperti itu, terutama yang sedang dalam penyusunan karya ilimiah atau teks penelitian ilmiah lainnya, silahkan lakukan cek plagiarisme melalui website berikut ini.

Hindari Plagiat, Berikut 10 Website Cek Plagiarisme Online Gratis!

1. Small SEO Tools Plagiarism Checker

Small SEO Tools Plagiarism Checker - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Small SEO Tools Plagiarism Checker via Smallseotools

Website cek plagiaraisme online yang pertama bernama Small SEO Tools. Sejatinya Small SEO Tools ini punya berbagai layanan online yang dapat digunakan secara gratis.

Mulai dari cek backlink website, cek grammar dan cek IP perangkat kita. Layanan plagiarism checker dari Small SEO Tools ini juga tengah menjadi andalan buat para content creator/freelancer untuk mengecek apakah dibagian tulisannya masih memiliki unsur plagiat atau tidak.

Dengan website ini disediakan kotak pencarian teks plagiat sejumlah 1000 kata.

Cara menggunakan Small SEO Tools Plagiarism Checker sebagai berikut:

  • Buka website Small SEO Tools Plagiarism Checker.
  • Upload file doc/docx, atau PDF kamu. atau bisa langsung copy-paste tulisan tersebut ke kolom yang tersedia.
  • Lalu scroll ke bawah, temukan dan klik pada tombol Check plagiarism.

Gramarly – Plagiarism Checker

Gramarly Plagiarism Checker - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Gramarly Plagiarism Checker via Gramarly

Grammarly oleh sebagian besar pengguna mungkin dikenal sebagai website cek grammar terbaik di internet.

Selain itu Grammarly ternyata juga menjadi salah satu website cek plagiarisme online yang paling sering digunakan.

Cara cek plagiarisme online di Gramarly dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama: dengan copy paste tulisan ke kolom yang tersedia; Cara kedua: upload file pada tombol yang sudah disediakan.

Lalu kamu tinggal klik tombol Scan for plagiarism, tunggu beberapa saat. Maka keterangan tentang text/tulisan kamu akan segera tampil.

Baca juga: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Paling Banyak Digunakan

3. Copyscape

Copyscape - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Copyscape via Copyscape

Cara cek konten atau tulisan plagiat atau tidak selanjutnya adalah website bernama Copyscape.

Copyscape lebih sering digunakan oleh para penulis konten/berita online (freelancer) untuk cek konten plagiarisme.

Mendeteksi tulisan apakah plagiat atau tidak di Copyscape dapat dilakukan secara gratis. Bahkan kamu tidak perlu membuat akun atau registrasi. Yang menarik dengan menggunakan Copyscape (free) ini yaitu kamu bisa ketahui situs atau website apa saja yang ada di interent dengan tulisan yang sama atau saling menduplikasi.

Namun jika kamu ingin mendapatkan berbagai fitur menarik dan lengkap dari Copyscape, kamu bisa menggunakan versi akun premium.

Sayangnya untuk versi free kamu hanya bisa melakukan cek plagiasi lewat URL saja. Untuk mengecek plagirasime tulisan lewat upload berkas, kamu perlu melakukan upgrade akun ke Copyscape Pro.

4. Plagiarism Detector

Plagiarism Detector - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Plagiarism Detector via PlagiarismDetector

Website cek plagiarisme online selanjutnya adalah Plagiarism Detector. Cara cek keaslian tulisan plagiat atau tidak dengan website ini juga cukup mudah.

Untuk akun free, kamu akan diberikan maksimal pengecekan 1.000 kata/pencarian. Hasil penelusuran plagiat atau tidaknya tulisan kamu akan diberikan berupa persentase tertentu. Disertai keterangan pada bagian kata atau kalimat mana terjadi plagiasi tulisan.

Plagiarism Detector ini punya tampilan yang sederhana. Tidak hanya bisa digunakan untuk memeriksa plagiarisme secara online, tetapi juga dapat digunakan untuk pemeriksa tata bahasa.

Selain copy-paste text pada kolom yang tersedia. Kamu juga bisa meggunakan alternatif lainnya untuk melakukan pemeriksaan dokumen di Plagiarism Detector. Yaitu dengan cara copy link, mengambil file dari Google Drive dan Dropbox.

5. Plagium

Plagium - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Plagium via Plagium

Cara cek plagiarisme selanjutnya adalah dengan menggunakan website Plagium. Website ini memberikan gratis 1000 karakter pengecekan gratis untuk setiap tulisan.

Tersedia versi gratis dan premium dengan berbagai kategori harga. Website ini terbilang cukup akurat untuk mendeteksi keaslian suatu tulisan.

Untuk system pengecekan plagiasi sebuah tulisan dengan Plagium, kamu bisa memilih melakukannya dengan Quick Search atau Deep Search. Menariknya, website ini mampu menentukan seberapa banyak tulisan yang sama berada di internet.

Simak juga: Cara Aman Membuka Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint di Android

6. PlagTracker

PlagTracker - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: PlagTracker via PlagTracker

Cara cek plagiarisme melalui website juga dapat dilakukan dengan PlagTracker. Website ini juga cukup akuran menentukan sebuah tulisan tertentu telah beredar di internet.

Bahkan kamu akan diberikan hasil terkait tulisan pada sebuah website/situs bahkan berkas di internet dengan hasil plagiasi yang dianggap mirip.

PlagTracker merupakan website cek plagiarisme online yang memberikan batas kata pada tulisan yang cukup banyak, yaitu sebesar 5.000 kata.

7. Viper – Scammyessay

Viper Scammyessay - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Viper – Scammyessay via Scammyessay

Viper – Scammyessay merupakan salah satu cara cek tulisan plagiat atau tidak dengan cara unik. Viper – Scammyessay tidak memproses cek plagirasime di websitenya, tetapi dengan cara menginstal aplikasinya pada perangkat yang kamu gunakan.

Walaupun dilakukan lewat aplikasi, penggunaan Viper mesti terhubung dengan internet. Pengecekan dilakukan dengan lebih dari 10 juta sumber lewat internet.

Hanya saja, sebagian besar fitur Viper ini tidaklah gratis. Untuk menggunakan fitur lengkapnya kamu perlu membayar.

Dengan Viper, kamu dapat mengunggah file dari berbagai macam sumber, termasuk berkas dari Google Drive. Aplikasi Viper ini sudah mendukung lebih dari 50 bahasa dan juga mengecek plagiariseme secara online dengan berbagai format file.

Lihat juga: Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android

8. DupliChecker

DupliChecker - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: DupliChecker via DupliChecker

Cara cek plagiarsime dengan website DupliChecker memungkinkan kamu untuk menginput sebanyak 1.000 kata pada kolom, untuk setiap pencarian.

Dengan DupliChecker kamu juga bisa dengan mudah melakukan cek plagiarisme dengan mengupload file dengan berbagai format. Mulai dari file tex, txt, doc, docx, odt, pdf dan rtf.

Menariknya kamu juga bisa cek plagiasi tulisan di internet melalui URL tulisan tersebut. Untuk penggunaan berkali-kali dalam sehari, kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu.

9. Turnitin

Turnitin - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Turnitin via Turnitin

Jika kamu sedang mencari aplikasi/website cek plagiarisme untuk mahasiswa/siswa, dosen, guru, atau berkas yang terkait sekolah, kampus/perkuliahan dan pendidikan, maka Turnitin sangat direkomendasikan untuk kamu.

Karena sejatinya Fungsi utama Turnitin adalah aplikasi untuk memeriksa dokumen tugas pada perkuliahan dan pendidikan.

Setidaknya ada 3 menu utama yang menjadi andalah Turnitin, yaitu Kuliah (class), Tugas (Assignment), dan dokumen.

Dengan menggunakan Turnitin, kamu bisa mengecek berbagai berkas/dokumen secara local saja dan antara satu kamus/sekolan dengan kampus/sekolah lainnya.

Berikut daftar berkas yang dapat dicek melalui Turnitin:

  • Skripsi, Thesis, Disertasi mahasiswa.
  • Draft artikel jurnal, konferensi, seminar oleh dosen.
  • Draft proposal penelitian, pengabdian masyakarat, paten, dll.
  • Draft proposal PKM.
  • Artikel/Makalah yang dikirimkan oleh penulis dari kampus tertentu ke jurnal dan konferensi/seminar yang dikelola oleh kampus lainnya.
  • Dokumen untuk keperluan kenaikan pangkat.
  • Dokumen lain yang dirasa perlu pemeriksaan plagiasinya.

Kamu periksakan berbagai dokumen ke Turnitin dengan tidak terbatas. Hanya saja, besar file dokumen sebaiknya kurang dari 20MB.

Simak juga: Cara Terbaru Upload File PDF ke Google Drive Agar Bisa Dibaca Semua Orang

10. Search Engine Reports

Search Engine Reports - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Search Engine Reports via SearchEngineReports

Jika sedang mencari website cek plagiarisme online Indonesia seperti Small SEO Tools, maka kamu akan suka dengan Search Engine Reports.

Search Engine Reports merupakan website terbaik lainnya untuk menghindari plagiat dengan cek plagiarsime secara online. Cara kerjanya bahkan sangat mirip dengan Small SEO Tools.

Yakni akan menampilkan status pemeriksaan, kata yang plagiat (dalam %), dan kata atau paragraf yang unik (dalam %). Jika hasil scan plagiat itu kamu scroll ke bawah, maka kamu akan menemukan kalimat-kalimat tertentu yang terindikasi plagiat.

Keunggulan lainnya dari Search Engine Reports ini adalah membatasi cek plagiarisme hingga 2.000 kata/pencarian.

Kamu juga bisa upload file dokumen dari file yang ingin dicek plagiasi tulisannya. Serta bisa mengambil file dari Dropbox.

11. Plagiarisma

Plagiarisma - Website Cek Plagiarisme Online
Gambar: Plagiarisma via Plagiarisma

Tampilan website Plagiasma memang boleh dibilang jadul dan tidak terawat. Tetapi keakuratan website ini dalam menentukan sebuah tulisan/konten plagiat atatu tidak itu cukup akurat.

Dengan Plagiarisma, kamu bisa upload berbagai format file untuk dicek keaslian dan kemurnian tulisannya. Format yang dapat diterima berupa TXT, HTML, RTF, MS WORD DOC, DOCX, PPTX, XLSX, XLS, PDF, ODT, EPUB, FB2.

Yang menarik dari Plagiarisma adalah akan muncul sumber (original links) dari text yang menyerupai susunan kalimat yang kamu buat. Bahkan fitur ini diberikan sepenuhya secara gratis!

Hanya saja kamu perlu melakukan registrasi untuk mendapatkan fitur lengkapnya.

Baca lainnya: Cara Copy Paste (kopas) Teks di HP Android

Akhir Kata

Memang agak sulit menemukan webtools atau website terbaik dan nyaman digunakan untuk cek plagiarisme secara online. Keakuratan sebuah website cek plagiasi tulisan memang menjadi pertimbangan penting.

Karena memang ukurannya ada disitu. Bukan semata-mata pada jumlah kata atau karakter pencarian yang diberikan.

Demikian daftar website cek plagiarisme online terbaik yang bisa dihadirkan dalam daftar ini. Semoga daftar tersebut dapat membantu kamu untuk supaya bisa menghindari plagiat pada tulisan yang nantinya akan kamu posting pada website/blog.