Cara Hard/Factory Reset Semua HP Samsung Galaxy

Cara Hard/Factory Reset Semua HP Samsung Galaxy – Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yang bisa dibilang sangat sukses saat ini. Ponsel pintar asal Korea Selatan ini sudah banyak merilis produk-produk smartphone berbasis Android yang dari generasi ke generasi semakin canggih.

Namun sayangnya, secanggih apapun ponsel Samsung yang Kamu miliki, tetap saja pernah mengalami masalah, terutama untuk produk Samsung Galaxy. Baca juga: 3 Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Samsung.

Masalah yang umum dirasakan pengguna Samsung Galaxy semua tipe misalnya HP tiba-tiba blank, mulai lemot, kena virus maupun masalah-masalah lainnya. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan hard/ factory reset.

Advertisement

Cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Lalu bagaimana cara hard/ factory reset semua HP Samsung Galaxy?

Cara Reset Hp Samsung Galaxy

Menggunakan Menu Pengaturan di HP Samsung

Cara hard/ factory reset semua HP Samsung Galaxy yang pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan di Android. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, langsung saja masuk ke menu Settings/ Pengaturan di ponsel Samsung Galaxy kalian dan temukan opsi menu “Backup and Reset”

cara reset ulang hp Samsung

2. Scroll kebawah dan temukan opsi “Factory Data Reset”, klik pilihan tersebut dan lanjutkan untuk melakukan tap pada “Reset Device”

cara reset ulang hp Samsung

3. Kamu akan diberikan sebuah tampilan yang berguna untuk melakukan konfirmasi. Jika sudah yakin akan di reset, lanjutkan dengan memilih “OK/ Yes”.

4. Ponsel Kamu akan secara otomatis melakukan restart. Tunggu proses reset hingga selesai, umumnya membutuhkan 2 – 5 menit.

Baca juga: Cara Memasang Control Center iPhone di Android Menggunakan Aplikasi

Menggunakan Menu Dial Pad

1. Masuk ke menu “Phone” seperti saat akan melakukan panggilan
2. Selanjutnya masukkan kode “*#*#7780#*#*” dan tap “Call/ Panggil

cara reset ulang hp Samsung

3. Kemudian akan muncul kotak dialog yang meminta konfirmasi, tekan “Ok/ Yes”. Ponsel akan restart otomatis.
4. Tunggu hingga proses selesai, biasanya 2-3 menit.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati/Restart Sendiri Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati/Restart Sendiri

Menggunakan Recovery Mode (CWM)

Recovery Mode merupakan fitur yang berguna sebagai akses pengguna dalam melakukan beberapa setting khusus, salah satunya instalasi Stock ROM dan melakukan Hard Reset.

Dibandingkan dua cara sebelumnya, cara hard/ factory reset semua HP Samsung Galaxy yang ketiga ini mampu membersihkan data hingga 99%. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, matikan ponsel Samsung kalian hingga off total
2. Lanjutkan dengan menekan tombol “Home + Volume Atas + Power” secara bersamaan hingga ponsel terasa bergetar, kemudian lepaskan

cara reset ulang hp Samsung

3. Akan muncul tampilan, pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kamu bisa menggunakan tombol volume bawah untuk memilih menu “Yes – Delete all user data”, setelah itu tekan “Tombol Power” untuk mengkonfirmasi

cara reset ulang hp Samsung

4. Tunggu hingga proses recovery selesai. Pilih menu “Reboot system now”.

Masih terkait: 2 Cara Hard Reset Realme Smartphone Semua Tipe

Akhir Kata

Itulah 3 cara hard/ factory reset semua HP Samsung Galaxy dengan mudah. Perlu diketahui bahwa ketiga cara tersebut bisa menghapus seluruh data di memory internal, sehingga jika dirasa ada data yang penting lakukan back-up terlebih dahulu.