Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC – Salah satu perangkat android yang cukup canggih dengan sistem operasi android masa kini, membuat smartphone masih menjadi idola dalam menjalin komunikasi bersama dengan sahabat atau keluarga. Ada berbagai macam fitur menarik yang android berikan untuk melayani keinginan para pelanggannya. Sehingga banyak pelanggan yang memanfaatkannya dengan memanfaatkan fitur atau aplikasi yang bisa di unduh di Play Store.

Terkadang, karena kebanyakan aplikasi dan RAM tidak memadai, smartphone Anda tiba-tiba mengalami restart sendiri, hang, bootlop atau bahkan sering error. Jika Anda membiarkannya begitu saja, bisa menjadi kerusakan yang semakin parah pada sistem android. Untuk itu, sebaiknya segera perbaiki sedini mungkin, agar kerusakan tidak semakin parah dan Anda bisa Flash android Anda dengan mudah tanpa bantuan PC.

Flashing atau install ulang android yang dilakukan secara manual dimulai dari memindahkan beberapa firmware android ke SD Card, dan melakukan perintah flash secara manual juga. Hal ini tentu sangat berbeda dengan flashing melalui PC karena semua file akan secara otomatis di ekstrak ke HP android melalui USB.

Advertisement

Cara ini dapat diterapkan pada semua perangkat smartphone Android, mulai dari Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Oppo, Huawei, Sony, Vivo, One Plus, BlackBerry Android, Nokia dan lainnya

Adapun tutorial cara flashing android tanpa menggunakan PC, sebagai berikut:

1. Back Up Data Penting

Pastikan Anda telah menyimpan atau back up seluruh data penting seperti buku telepon ke akun Gmail dan memindahkan seluruh file penting pada Mikro SD. Setelah di back up, Anda tidak perlu melepas kartu SD karena file pada Mikro SD tidak akan terhapus.

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

2. Download Firmware

Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa mendownload aplikasi Firmware sesuai dengan tipe android yang Anda gunakan. Setelah berhasil terinstal, pindahkan firmware ke kartu SD, untuk memudahkan dalam pencarian firmware saat proses install pada recovery mode.

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

3. Reset Android

Langkah selanjutnya masuk pada recovery mode, lalu melakukan proses reset android. Untuk reset android tergantung pada jenis android yang digunakan, karena ada beberapa android yang bisa melakukan flashing tanpa melalui reset terlebih dahulu.

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

4. Tahapan Flashing

Untuk Flashing, Anda bisa mematikan smartphone android, dan hidup kan lalu langsung masuk ke recovery mode, dengan cara tekan tombol volume up (+).

Setelah masuk pada recovery mode, gunakan tombol pada android yang berfungsi sebagai navigasi, seperti :

  • Volume Up untuk navigasi ke atas
  • Volume down untuk navigasi ke bawah
  • Power untuk navigasi enter

Cara Flashing atau Install Ulang Android Tanpa PC

Pilih Apply Update From External (Micro SD) dengan memilih menu ini, android akan melakukan proses install ulang firmware dari memori card, pilih firmware yang ada di Micro SD, tekan enter. Tunggu sampai proses flashing selesai. Setelah selesai, pilih Reboot device.

Untuk menghindari smartphone dari masalah hang, error, restart sendiri atau bootlop pada HP Android sebaiknya Anda menimbang terlebih dahulu ram pada android cukup memadai atau tidak jika memasang aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak.