Alternatif Zoom, 13 Aplikasi Video Meeting Conference Terbaik

Alternatif Zoom, 13 Aplikasi Video Meeting Conference Terbaik

Berikut ini beberapa aplikasi telekonferensi terbaik sebagai alternatif Zoom yang bisa kamu pilih. Jika kamu begitu khawatir dengan isu keamanan yang dialami Zoom belakangan ini, maka aplikasi dan website meeting conferensi berikut ini bisa dapat kamu gunakan sebagai pengganti Zoom.

Sekadar diketahui, bahwa aplikasi Zoom diketahui tidak memiliki enkripsi end-to-end pada sistemnya. Hal inilah yang membuat para hacker begitu leluasa mengekspoitasi data pengguna aplikasi Zoom.

Tidah hanya mengambil dan menyebar berbagai video pengguna, para hacker ini juga memanfaatkan celah Zoom untuk mengambil data privacy, seperti email, password dan data pengguna lainnya.

Dengan demikian, hal ini memungkinkan pesan atau informasi yang dilakukan lewat Zoom cukup berpotensi dicuri atau disadap oleh peratas. Untuk itulah beberapa institusi mulai membatasi dan beberapa diantaranya meninggalkan penggunaan Zoom.

Lalu, adakah aplikasi serupa mirip Zoom yang system keamanannya dapat diandalkan, dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan untuk melakukan meeting online atau telekonferensi?

Berikut beberapa aplikasi mirip Zoom yang dapat kamu gunakan dengan ciri-ciri tersebut.

13 Daftar Aplikasi Meeting Online atau Telekonferensi Terbaik Selain Zoom

1. Google Hangouts Meet

AlternatiF Zoom, Google Hangouts Meet
Google Hangouts Meet, via Play Store

Alternatif Zoom selanjutnya adalah Google Meet. Aplikasi perakapan online baik video dan audio milik Google ini dapat melakukan panggilan video hingga 250 pengguna sekaligus.

Selain itu, pelbagai fitur Google Hangouts Meet yang bermanfaat saat melakukan video conference, yaitu dapat menampilkan caption secara otomatis (dengan teknologi text-to-speec), dan jadwal meeting yang langsung terintegrasi dengan Google Calendar.

Cara menggunakan Google Hangouts juga cukup mudah. Untuk mengundang orang lain untuk bergabung pada percakapan video yang sedang di selenggarakan, kamu cukup membagikan meeting code ke orang yang ingin diajak.

Dengan begitu, orang tersebut tinggal membuka aplikasi Google Hangouts dan memasukkan meeting code tadi.

2. Microsoft Teams

Microsoft Teams Aplikasi Video Conference Selain Zoom
Microsoft Teams, via Play Store

Bagi pelajar ataupun siapa saja yang memiliki akses Office 365 premium, alangkah baiknya memanfaatkan itu untuk meeting online atau melakukan video conference.

Mengingat dengan Office 365 premium ini, kamu sudah bisa menikmati fitur chat, video dan audio call, dan aplikasi Office lainnya seperti MS Word, Excel dan PowerPoint dalam satu hub.

Untuk hal-hal yang berbagu kerja tim, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Microsoft Tems, baik sebagai alternatif Zoom maupun untuk keperluan lainnya, terutama keperluan pembelajaran.

Simak juga: 10 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Secara Online Gratis

3. Skype

Skype Aplikasi Panggilan Video Online Alternatif Zoom
Skype, via Play Store

Aplikasi video conference alternatif Zoom berikutnya adalah Skype. Tentu semua sudah sangat familiar dengan aplikasi satu ini.

Skype merupakan aplikasi panggilan video milik Microsoft yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan video meeting conference sebanyak 25 orang dalam sekali panggilan.

Hampir mirip seperti Zoom, Skype juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan tanpa perlu login.

4. WhatsApp

WhatsApp Aplikasi Video Meeting Conference Terbaik Selain Zoom
WhatsApp, via Play Store

Aplikasi alternatif selain Zoom berikutnya adalah WhatsApp. Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk rapat kerja atau berdiskusi jarak jauh.

Awalnya WhatsApp hanya bisa digunakan untuk video call berjamaah sebanyak 4 orang saja. Tetapi untuk update terbaru, WhatsApp sudah bisa melakukan video call sebanyak 8 orang.

Bahkan video call atau atau konferensi video di WhatsApp ini juga bisa dilakukan lewat grup.

5. Facetime

Facetime Aplikasi Meeting Online Alternatif Zoom
Facetime, via Appleosophy

Bagi pengguna Apple, aplikasi Facetime pasti sudah tidak asing lagi. Bagi kamu yang ingin melakukan panggilan video online dan kebetulan semua anggota video konferensi memiliki produk Apple seperti iPhone, iPad, Pod Touch dan laptop Apple, alangkah elegannya jika menggunakan Facetime.

Facetime merupakan alternatif aplikasi Zoom yang sangat direkomendasikan untuk pengguna produk Apple. Facetime ini mampu menampung hingga 32 orang dalam panggilan video online.

Facetime tidak muncul di perangkat iPhone atau iPad kamu? Maka kamu perlu mengupdate system operasi smartphone kamu tersebut.

Mengingat aplikasi FaceTime ini baru akan berjalan dengan mulus pada OS minimal iOS 12.

6. Slack

Slack Aplikasi Meeting Online Alternatif Zoom
Slack, via Slack

Alternati Zoom lainnya adalah Slack. Aplikasi percakapan dengan basis grup ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki berbagai divisi dan tim.

Dengan Slack, kamu bisa berinteraksi dalam panggilan video hingga 15 orang sekaligus. Bahkan Slack juga bisa digunakan untuh sharing berbagai dokumen penting.

Lihat lainnya: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Paling Banyak Digunakan

7. Cisco Webex

Cisco Webex Aplikasi Meeting Video Online Conference Selain Zoom
Cisco Webex, via Cisco

Aplikasi alternatif Zoom yang lainnya bernama Cisco Webex. Aplikasi ini mampu menampung hingga 100 orang (tergantung variasi paket langganan yang dipilih).

Memang, aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, kamu perlu mengupgrade akun jika menginginkan lebih banyak peserta dalam video conference yang dibuat.

Kendati demikian, dengan menggunakan Cisco Webex, kamu akan menikmati berbagai fasilitas fitur menarik seperti screen sharing, dukungan ke Google Assistant, Google Home Hub, virtual board untuk menggambar, upload dan berbagi dokumen, hingga bisa merekam percakapan video.

8. Whereby

Whereby Aplikasi Video Meeting Online Terbaik Selain Zoom
Gambar via Whereby

Alternati Zoom bernama Whereby ini, selain web base (berbasi website) juga tersedia untuk aplikasi smartphone Android dan iOS atau iPhone. Whereby merupakan alih nama dari Appear.in.

Bagi kamu yang ingin melakukan meeting online dengan skala kecil cobalah untuk menggunakan Whereby. Hanya saja kamu perlu registrasi terlebih dahulu, via akun Google.

Berikut cara menggunakan Whereby untuk video conference atau meeting secara online:

  • Kunjungi website Whereby, atau install aplikasi di smartphone Android atau iOS.
  • Registrasi menggunakan akun Google
  • Buat nama room, kamu bisa kunci room-nya jika kamu ingin.
  • Undang siapa saja yang ingin bergabung untuk melakukan meeting online.

Uniknya, Whereby ini punya fitur Knock. Yang memungkinkan pengguna lainnya untuk meminta izin masuk ke room conferensi tertentu.

9. Google Duo

Google Duo Aplikasi Konferensi Video Alternatif Zoom
Google Duo, via Play Store

Satu lagi produk Google yang dapat digunakan untuk meeting online pengganti Zoom, yaitu Google Dua.

Aplikasi ini juga cocok bagi kamu yang ingin menyelenggarakan meeting online dengan kapasitas pengguna yang sangat terbatas, yakni sebanyak 8 orang saja.

Bagi pengguna smartphone Android terbaru, aplikasi ini biasanya sudah terinstall secara otomatis. Nah, kamu tinggal mengupdate aplikasinya dan melakukan panggilan video ke yang lainnya untuk melakukan meeting online.

10. FreeConferenceCall

FreeConferenceCall Aplikasi Meeting Online Lewat Video Call Selain Zoom
FreeConferenceCall, via Play Store

Alternatif selain aplikasi Zoom berikut ini juga masih berbasis website dan aplikasi smartphone, baik Android maupun iOS atau iPhone. Dengan FreeConferenceCall kamu dapat melakukan panggilan video secara online dengan gratis.

Kalau boleh jujur, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi video converence terbaik selain Zoom.

Adapun kapasitas penggunaan untuk FreeConferenceCall adalah bisa samapi 1000 orang dalam sekali video call/video conference.

Simak juga: 10+ Aplikasi Android yang Dapat Meningatkan IQ Sebanyak 10%

11. Jitsi Meet

Jitsi Meet Aplikasi Terbaik Alternatif Zoom
Jitsi Meet, via Systweak

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi berbasis web sebagai alternatif Zoom dengan fasilitas panggilan terenkripsi pada system keamanannya, kamu bisa coba Jitsi Meet.

Selain terenkripsi, aplikasi ini juga open source, dan untuk menggunakan layanannya kamu tidak perlu membuat akun di Jitsi Meet.

Untuk mengundang orang lain untuk bergabung ke video conference atau meeting online lewat video di Jitsi Meet, kamu tinggal mengirimkan URL khusus pada pengguna lainnya.

Berbagai fitur menarik yang dapat kamu gunakan saat melakukan meeting online atau video conference di Jitsi Meet. Diantaranya sebagai berikut.

  • Percakapan dan panggilan pengguna sepenuhnya terenkripsi.
  • Berbasis open source (siapapun bisa mengawasi source/codingannya).
  • Dapat melakukan obrolan.
  • Dapat melakukan rekaman video conference, yang bisa langsung disimpan ke Dropbox.
  • Fitur “mengusir” pengguna.
  • Jitsi Meet terintegrasi dengan Slack, Google Calendar, dan Office 365.
  • Dapat menampung sebanyak 75 peserta dalam video call/video conference.

12. StarLeaf

StarLeaf Aplikasi Video Converence Selain Aplikasi Zoom
StarLeaf, via StarLeaf

Alternatif Zoom bernama StarLeaf ini mungkin masih sangat asing untuk pengguna internet di Indonesia.

Namun demikian, aplikasi ini sudah cukup dikenal oleh berbagai perusahaan besar, yang biasa melakukan pertemuan online secara terbatas dan dengan waktu yang terbatas pula.

Star Leaf hanya bisa menampung hingga 20 peserta dalam satu panggilan video. Pun batas waktu maksimalnya hanya 46 menit saja.

Apa yang membuat perusahaan-perusahaan itu menggunakan Star Leaf dibandingkan aplikasi video conferece sejenis lainnya?

Setidaknya 3 fitur ini yang menjadi alasannya:

  • Pertama, fitur quick meet atau pertemuan singkat, yakni meeting singkat yang biasanya dilakukan oleh tim kecil dalam satu unit perusahaan.
  • Kedua, fitur schedule conference atau meeting berjadwal, yakni menyelenggarakan pertemuan dengan jadwal tertentu, dengan kode yang hanya berlaku pada hari berlangsungnya rapat.
  • Ketiga, fitur permanent conference, yang serupa dengan schedule conference, namun pengguna dapat bebas melakukan panggilan kapan saja. Fitur ini bisa digunakan untuk pertemuan dua orang.

13. ‎BlueJeans Video Conferencing

BlueJeans Video Conferencing Alternative Zoom
BlueJeans Video Conferencing, via Play Store

Aplikasi teleconference Alternatif Zoom terakhir yang dapat Suatekno rekomendasikan untuk kamu adalah BlueJeans.

Dengan BlueJenas kamu bisa menghubungkan berbagai platform video/audio conference serupa. Mulai dari Skype, GoogleTalk, Cisco, dan Polycom.

Tiap konferensi video bisa diikuti hingga 25 orang untuk versi gratis dan 100 orang untuk versi berbayar.

Fitur pendukung yang menarik dari BlueJeans seperti, bisa berbagai tambilan dokumen pada layar perangkat kamu dengan screenshare. Lalu ada fitur lainnya bernama scheduling, untuk memastikan kamu dan tim tidak ketinggalan diskusi berikutnya. Serta fitur recording untuk merekam konferensi video yang kamu selenggarakan.

Selanjutnya: Hati-hati, 30 Aplikasi Android Berbahaya Ini Diam-diam Sedang mengintai Anda

Akhir Kata

Sebetulnya masih begitu banyak layanan video conference lainnya. Baik itu yang bisa digunakan lewat aplikasi smartphone, ataupun yang berbasis website.

Demikian ulasan tentang alternati Zoom atau aplikasi meeting online terbaik selain Zoom yang dapat digunakan untuk meeting online atau video conference. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!