10 Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone

10 Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Foto: Shutterstock

Berikut ini ulasan tentang daftar aplikasi menyembunyikan foto, video dan file apapun di iPhone. Untuk cara menyembunyikan file berupa aplikasi, foto dan video di ponsel iPhone dapat dikatakan penerapannya kalah dengan cara menyembunyikan foto, video dan aplikasi di Android.

Untuk cara menyembunyikan file apapun di hp Android peluang diketahui oleh orang lain cukup kecil, karena menggunakan kode rahasia tertentu untuk dapat bisa membuka aplikasi, foto atau video yang disembunyikan. Dalam hal ini cara menyembunyikan file di Android menggunakan enkripsi yang tidak sesederhana macam iOS atau iPhone.

Mengingat cara menyembunyikan foto, video atau file apapun di iOS tidak menggunakan kode atau enkripsi berupa kode rahasia. Nah, alih-alih menggunakan cara penyembunyian file apapun di bawaan iPhone, mending menggunakan aplikasi pihak ketiga yang cara menyembunyikannya lebih sulit dideteksi orang lain.

Berikut ini daftar aplikasi untuk menyembunyikan berbagai file di iPhone atau iOS, mulai dari file foto, video, aplikasi, dokumen dan lain sebagainya.

10 Aplikasi Sembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iOS

1. Calculator# Hide Photos Videos

Calculator# Hide Photos Videos - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Calculator# Hide Photos Videos, via App Store

Aplikasi pertama untuk sembunyikan file foto dan video di iPhone adalah aplikasi bernama Calculator# Hide Photos Videos. Aplikasi ini sangat dapat diandalkan untuk melindungi rahasiamu di smartphone iOS dari kekepoan orang lain.

Terutama para peminjam hp yang sering membuka gallery di hp iPhone atau iPad kamu. aplikasi ini dapat di download dan diinstall secara gratis melalui App Store.

Dengan aplikasi ini kamu dapat mengunci file foto dan video yang ingin kamu rahasiakan dari orang lain dengan kode tertentu. Hanya saja, pada saat kamu membuka aplikasi ini, akan terlihat seperti orang yang ingin menggunakan kalkulator.

Namun demikina, saat kamu mengetikkan PIN atau password yang sudah kamu setel sebelumnya, maka secara otomatis kamu akan dibawa ke folder tertentu, tempat dimana file foto dan video kamu disembunyikan.

Untuk cara menggunakan aplikasi Calculator# Hide Photos Videos silahkan simak terlebih dahulu penjelasan singkatnya pada video berikut.

Kamu bisa download aplikasi Calculator# Hide Photos Videos melalui link berikut ini.

Baca juga: 10+ Aplikasi Mengubah Foto Menjadi Kartun Anime di Android dan iOS

2. Calculator+ : Hide your secret

Calculator+ : Hide your secret - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Calculator+ : Hide your secret, via App Store

Cara mengunci foto, video dan file apapun di iPhone juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Calculator+. Aplikasi ini juga sama baiknya dengan aplikasi di atas. Pun cara menggunakannya juga mirip-mirip.

Aplikasi Calculator+ dapat menyembunyikan dan menampilkan berbagai jenis media (seperti file .jpg, .gif, .bmp dan .png), video (.mp4, .avi, .mkv, .wmv, .flv).

Setelah menginstal aplikasi, pastikan kamu langsung mengatur password untuk mengunci berbagai file yang kamu inginkan. Adapun format password berupa kode numerik, lalu diakhiri dengan tanda persentase (%). Contoh 12345%.

3. Private Photo Vault – Pic Safe

Private Photo Vault - Pic Safe - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Private Photo Vault – Pic Safe, via App Store

Aplikasi menyembunyikan foto, video dan file lainnya di iPhone adalah aplikasi bernama Private Photo Vault – Pic Safe.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengunci foto dan video di gallery hp iPhone atau iOS kamu dengan berbagai macam pilihan penguncian. Mulai dengan menggunakan PIN, Face ID atau Touch ID.

Aplikasi ini akan membantu mengunci album foto dan video kamu dengan password yang kamu buat. Silahkan download dan install aplikasi ini melalui link berikut.

Baca juga: 8 Aplikasi Rekam Layar iPhone & iPad dengan Suara

4. Secret Photo Vault – Keepsafe

Secret Photo Vault – Keepsafe - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Secret Photo Vault – Keepsafe, via App Store

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengunci file foto dan video untuk pengguna iOS adalah aplikasi bernama Keepsafe. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan untuk menyembunyikan berbagai file di hp iPhone.

Tidak hanya tampilan antarmukanya yang simple dan mudah digunakan, aplikasi ini menyajikan berbagai keunggulan lainnya. Diantaranya terdapat fitur “Custom Albums”, serta banyak lagi fitur dan keunggulan lainnya.

5. Secret photos KYMS

Secret photos KYMS - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Secret photos KYMS, via App Store

Aplikasi bernama Secret photos KYMS juga banyak digunakan oleh pengguna iPhone untuk menyembunyikan dan memberi password album foto dan video mereka.

Ternyata, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengunci file foto dan video, tetapi juga dapat digunakan untuk mengunci file lainnya. Diantaran file document dengan format Pdf, Text – can be created and edited -, PowerPoint, Word, Excel, Pages, Numbers, dan lain sebagainya.

Bahkan dengan aplikasi Secret photos KYMS kamu dapat menyembunyikan kontak tertentu di hp iPhone kamu. Serta banyak fitur bernamafaat lainnya yang disuguhkan secara gratis.

Baca juga: Cara Aktifkan Perintah Suara Voice Control di iPhone

6. Locker: Hide Photos, Hide Apps

Locker: Hide Photos, Hide Apps - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Locker: Hide Photos, Hide Apps, via App Store

Locker: Hide Photos, Hide Apps merupakan salah satu aplikasi pengunci file foto, video, aplikasi dan file apapun yang menjadi favorit Suatekno. Bagaimana tidak, selain tampilannya yang sederhana dan menarik, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengunci berbagai aplikasi di perangkat iOS kamu.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi dari home screen iPhone, lalu menempatkannya pada folder yang terkunci.

Kamu dapat memilih untuk mengunci dan mengakses file yang disembunyikan dengan aplikasi Locker: Hide Photos, Hide Apps ini dengan berbagai metode penguncian. Entah itu menggunakan PIN, Touch ID, atau Face ID.

7. Best Secret Folder

Best Secret Folder - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Best Secret Folder, via App Store

Aplikasi yang juga perlu kamu coba untuk menginci dan menyembunyikan berbagai file di hp iPhone kamu adalah aplikasi bernama Best Secret Folder.

Adapun file yang dapat disembunyikan dengan aplikasi ini adalah file foto, video dan notes (catatan). Dengan aplikasi ini, maka siapapun yang membuka ponsel iPhone kamu tidak akan mudah membuka berbagai foto dan video di gallery. Sebab, untuk membuka file foto dan video tersebut mesti memasukkan password atau PIN terlebih dahulu.

Metode pengunciannya pun bermacam-macam, mulai dari password/PIN, mengunci dengan pola, FaceID, dan TouchID.

Baca juga: 10+ Situs Download Aplikasi Berbayar Jadi Gratis di iPhone

8. Hide Photos Video -Hide it Pro

Hide Photos Video -Hide it Pro - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: Hide Photos Video -Hide it Pro, via App Store

Cara mengunci file foto dan video di iPhone juga akan berhasil dilakukan dengan menggunakan aplikasi Hide Photos Video – Hide it Pro. Aplikasi ini dapat mengunci dan menyembunyikan file foto dan video baik itu dari kamera, galeri, dan iTunes.

Bahkan dengan aplikasi ini kamu bisa menggunakan sebuah trik bilamana seseorang mengetahui bahwa kamu menyembunyikan foto dan video tersebut dengan aplikasi ini. Yaitu dengan membuat sebuah kode yang disebut dengan kode Escape Unlock.

Dengan menggunakan kode Escape Unlock, maka jika seseorang mencoba memaksa kamu untuk membuka PIN dari file foto atau video yang kamu sembunyikan dengan aplikasi ini, maka aplikasi tersebut hanya akan menampilkan album/folder kosong.

9. SafeCalc – Private Calculator

SafeCalc - Private Calculator - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: SafeCalc – Private Calculator, via App Store

Aplikasi yang juga menarik untuk dicoba dalam trik sembunyi-menyembunyikan berbagai file di iPhone adalah aplikasi bernama SafeCalc – Private Calculator.

Dengan aplikasi ini kamu dapat menyembunyikan berbagai file di iPhone, mulai dari foto atau gambar (dengan format jpg, png, gif, bmp), video (format mov, m4v, mp4, mpv, 3gp), file text (dengan format txt, text, md, markdown, markd, markdn, mdown, mkd, mkdn), file dokumen (dengan format doc, ppt, xls, docx, pptx, xlsx, key, numbers, pages, pdf, rtf).

Bahkan dengan aplikasi SafeCalc – Private Calculator juga sangat mungkin untuk menyembunyikan contact tertentu, browser, catatan dan sebagainya dengan mudah.

Bagi yang belum tertarik dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi sebelumya, maka kamu perlu mencoba aplikasi ini untuk membuat segala file di hp iOS kamu tersembunyi.

Baca juga: Cara Terbaik Membedakan iPhone Asli dan Palsu

10. App Lock

App Lock - Aplikasi Menyembunyikan Foto, Video dan File Apapun di iPhone
Gambar: App Lock, via App Store

Bagi yagn sedang mencari cara menyembunyikan aplikasi di iPhone atau iOS, maka kamu perlu mencoba aplikasi App Lock. Seperti namanya, aplikasi ini sangat bisa diandalkan untuk mengunci dan menyembunyikan berbagai aplikasi yang terinstall di smartphone iPhone kamu.

Tidak cukup sampai disitu, dengan App Lock kamu juga bisa menyembunyikan file lainnya, macam foto dan video di gallery, kamera atau iTunes, serta juga dapat digunakan untuk menyembunyikan pencarian web di browser.

Pokoknya cara kerja dan fitur aplikasi ini mirip dengan aplikasi Locker: Hide Photos, Hide Apps. Hanya saja aplikasi ini punya keunggulan tersendiri. Seperti dapat digunakan untuk mengganti ikon aplikasi, terdapat fitur Fake Password untuk mengecoh seseorang bilamana dia mengetahui kamu menyembunyikan sesuatu di aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Selanjutntya: Cara Screenshot hp iPhone dan iPad Semua Tipe

Akhir Kata

Diantara daftar aplikasi menyembunyikan foto, video dan file apapun di hp iPhone atau iOS di atas, terdapat beberapa aplikasi yang populer dan direkomendasikan oleh berbagai penggunannya. Tentu saja sesuai kebutuhan penggunaanya.

Misalnya, jika kamu hanya ingin menyenmbunyikan foto dan video di iPhone maka menggunakan aplikasi Calculator# adalah pilihan yang bagus. Jika ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone, maka kamu dapat mengandalkan aplikasi Locker atau App Lock.

Demikian ulasan tentang daftar aplikasi menyembunyikan foto, video, APPS dan file lainnya di iPhone atau iOS. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Redaksi - Suatekno.id
Spesialis tutorial smartphone dan aplikasi yang paling sering digunakan oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.